/Link, Jadwal, dan Syarat Pendaftaran Program Magister Berbasis Proyek Unpad

Link, Jadwal, dan Syarat Pendaftaran Program Magister Berbasis Proyek Unpad

Universitas Padjadjaran atau Unpad membuka pendaftaran Program Magister Berbasis Proyek. Pendaftaran program Magister Berbasis Proyek dibuka sampai Selasa 2 Agustus 2022. Pendaftaran dilakukan secara online melalui :

https://pendaftaran.unpad.ac.id/daftar

Untuk informasi https://smup.unpad.ac.id/magister-berbasis-project/

Adapun persyaratan program Magister Berbasis Proyek Unpad adalah :

1. Lulusan program sarjana atau sarjana terapan yang terakreditasi oleh BAN PT/LAM dengan IPK minimal 3.00.

2. Memiliki masa kerja minimal 2 tahun.

3. Untuk lulusan di bawah dua tahun dan/atau IPK S1/S1 terapan di bawah 3.00 harus memenuhi persyaratan Tes Kemampuan Akademik (TKA) sebesar 450 dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) sebesar 450 atau setara.

TKA dan TKBI dikeluarkan lembaga resmi di Unpad atau lembaga lain yang diakui Unpad. Tes Kemampuan Akademik (TKA) dari Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadajaran (PIP Unpad), PLTI Himpsi; UGM; Unair; UI dan Bappenas.

Sertifikat English Language Test (ELT) Unpad atau tes kemampuan Bahasa Inggris dari institusi lain yang diakui Unpad, yaitu:

International TOEFL (Paper-Based Test) nilai minimal 450;

International TOEFL (Internet-Based Test) nilai minimal 45; International TOEFL (Computer-Based Test) nilai minimal 135;

Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) nilai minimal 450;

International English Language Testing System (IELTS) Academic dari institusi British Council, IALF, dan IDP nilai minimal 4,5;

English proficiency dari Duolingo (https://englishtest.duolingo.com/) nilai minimal 75; dan

Lembaga Bahasa dari ITB atau UPI.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan, program Magister Berbasis Proyek merupakan program magister yang dijalankan secara aplikatif.

Pembelajaran akan lebih banyak untuk mengasah keterampilan mahasiswa, dalam menyelesaikan kasus yang terjadi di dunia usaha maupun dunia industri.

Baca juga :  Pemkot Bandung Belum Terima Vaksin PMK untuk Hewan Ternak

“Unpad akan membuat program ini betul-betul proyek yang berbasiskan permasalahan dunia kerja dunia industri. Pendidikannya tidak berbasiskan teori, tetapi berbasiskan permasalahan riil di masyarakat,” terang Prof. Arief dikutip dari website Unpad, Selasa 26 Juli 2022.

Sehingga pengajar pada program Magister ini tidak hanya dari kalangan akademisi, tetapi juga mendatangkan praktisi prominen yang siap menjadi mentor dan mengenalkan berbagai studi kasus yang terjadi di dunia usaha maupun dunia industri. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : unpad.ac.id