/Wapres Resmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat
Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat

Wapres Resmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat

Wakil Presiden (Wapres) RI K.H Ma’ruf Amin bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meresmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat di Jalan Japati, Kota Bandung, Sabtu 4 Desember 2021.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat saya resmikan. Semoga Allah SWT memberikan inayah-nya dan meridai setiap ikhtiar yang kita lakukan,” ucap Mar`ruf Amin.

Wapres bersama Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil,  meninjau Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat dan berbincang dengan keluarga pahlawan Covid-19. Keduanya tampak terharu saat mendengarkan isi hati keluarga pahlawan Covid-19.

Menurut Wapres, Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat,  menjadi pengingat bahwa bangsa Indonesia pernah melewati ujian besar. Pemerintah dan masyarakat Indonesia, menghadapi ujian itu dengan saling percaya.

“Saya menyampaikan duka cita yang mendalam, atas berpulangnya para syuhada di seluruh Indonesia yang gugur karena Covid-19, semoga amal baiknya diterima di sisi Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa. Hari ini kita berkumpul di sini, untuk mengenang dan menghormati mereka,” tuturnya.

Kang Emil mengatakan, Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat, merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang gugur akibat Covid-19. Termasuk di dalamnya adalah dokter, tenaga kesehatan, dan relawan, baik dari masyarakat umum maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jabar.

Jawa Barat Kehilangan 200 orang sebagai pahlawan Covid-19

Kang Emil menjelaskan, Jawa Barat kehilangan sekitar 200-an putra-putri terbaik, yang berjuang tanpa lelah menyelamatkan nyawa orang-orang. Selain itu, Jabar juga kehilangan 14.000-an masyarakat yang berpulang karena COVID-19.

Atas dasar itu, Monumen Pahlawan COVID-19 didedikasikan sebagai bentuk penghormatan kepada mereka yang gugur. Para pahlawan COVID-19 ini rela berkorban agar generasi yang masih hidup saat ini memiliki masa depan.

“Mereka berpulang agar kita tetap bisa menang, mereka luruh agar kita tetap bisa tumbuh, mereka gugur agar kita tetap bisa bertutur, mereka berkorban agar kita tetap punya masa depan,” kata Kang Emil.

Dalam acara tersebut, dilakukan juga penyerahan beasiswa kepada keluarga yang ditinggalkan mereka yang gugur akibat Covid-19. Penyerahan beasiswa ini merupakan kolaborasi antara Pemda Provinsi Jabar dan Indonesia Pasti Bisa.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), wali kota dan bupati di Jabar. (*/Golali.id)

foto : Humas Pemprov Jabar