/Waktu, Lokasi, dan Tujuan Rakor TP PKK Kota Bandung 2022

Waktu, Lokasi, dan Tujuan Rakor TP PKK Kota Bandung 2022

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menegaskan, peran organisasi kemasyarakatan dalam pemberdayaan keluarga sangatlah penting. Dengan peran aktif mereka, pemerintah akan mengalami kemudahan menjalani berbagai program pembangunan.

Hal tersebut Yana sampaikan pada acara Rapat Koordinasi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bandung, di Gedung Graha Binangkit, Senin 5 Desember 2022.

Menurutnya, PKK mempunyai peran penting dalam pembangunan dengan berbagai inovasi dan kegiatan yang dilakukan lewat partisipasi dan pemberdayaan keluarga.

“PKK dapat membantu pemberdayaan dan peningkatan kualitas perempuan. Termasuk pengentasan stunting dan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN),” beber Yana yang juga Ketua Pembina TP PKK Kota Bandung.

Yana juga meminta PKK untuk membantu ketahanan pangan melalui berbagi program.

Seperti halnya, Budi Daya Ikan dalam Ember (Budikdamber) hingga Buruan SAE. Ia tekankan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 menjadi hal utama.

“Ke depan kita tinggal sama-sama memulihkan ekonomi. Sehingga tahun 2023 yang diramalkan akan terjadi krisis resesi atau apapun, mudah-mudahan di Kota Bandung tidak terjadi dan bisa diatasi bersama,” tuturnya.

Tujuan

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana mengatakan, rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan program TP PKK tahun 2022 juga memaparkan hasil rapat kerja nasional PKK yang diselenggarakan bulan lalu.

“Kita akan evaluasi kegiatan program TP PKK tahun 2022 seperti apa kendalanya. Kita akan evaluasi. Tentu saja ini membahas program akan di laksanakan tahun 2023,” tuturnya.

Yunimar menambahkan, koordinasi pentahelix, seperti PMI, Baznas, BNN dan instansi lainnya terus dijajaki agar sinergi TP PKK terus berjalan.

“Kolaborasi pentahelix dan CSR terus kita jajaki untuk menyukseskan kegiatan program TP PKK tahun 2023,” katanya.

Ia berharap, sebagai ketahanan pangan keluarga, Program Budikdamber untuk keluarga Bandung Tanginas berjalan baik.

“Kami titipkan Budikdamber untuk Bandung Tanginas, mohon pantauan agar Keluarga Tanginas diberikan pendampingan hasil yang baik. Sehingga 3 bulan untuk panen raya untuk keluarga tanginas berdaya ekonomi,” beber Yunimar.

Yunimar juga berharap, Dapur Dashat (Sehat Atasi Stunting) bisa dipraktikan di posyandu, sehingga keluarga bisa menduplikasi makanan sehat bagi anak.

“Jadi yang kemarin diberikan pelatihan ini coba praktikan di setiap posyandu,” tuturnya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung