/Unpad dan Pertamina Retail Bangun SPBU, Ini Lokasinya

Unpad dan Pertamina Retail Bangun SPBU, Ini Lokasinya

Unpad dan Pertamina Retail bekerjasama membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), yang berlokasi di Bale Pabukon Kampus Unpad Jatinangor Kabupaten Sumedang.

SPBU ini ditargetkan beroperasi pada awal bulan Maret tahun 2023, sementara saat ini masih dalam proses pembangunan.

Direktur Utama Pertamina Retail Iin Febrian mengatakan, tujuan pembangunan SPBU tidak hanya untuk kepentingan bisnis tetapi juga memberdayakan masyarakat sekitar.

Nantinya, Pertamina Retail akan menyediakan ruang khusus bagi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masyarakat Jatinangor.

“Kita tidak hanya mengejar bisnis tetapi mendukung keberlanjutan, sehingga kerja sama ini menjadi kerja sama yang sangat baik,” katanya dikutip dari website Unpad, Senin 23 Januari 2023.

Selain itu, dalam mendukung impelementasi tujuan pembangunan berkelanjutan, SPBU ini juga akan terintegrasi dengan pemanfaatan energi terbarukan, yaitu pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) serta penyediaan stasiun pengisian daya (charging station) untuk kendaraan listrik.

Rektor Prof. Rina Indiastuti meminta agar fasilitas SPBU di kampus Unpad dapat mendukung Pola Ilmiah Pokok (PIP), sekaligus tetap menjaga kenyamanan lingkungan mahasiswa. Hal ini didasarkan, fasilitas SPBU tersebut berdekatan langsung dengan pondokan mahasiswa. Salah satu yang diupayakan adalah membuat lingkungan sekeliling di SPBU tetap hijau dengan ditanami pohon pelindung. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : unpad.ac.id

TAGS: