/Unpad dan FTA Center Bandung Kembangkan ExportGo

Unpad dan FTA Center Bandung Kembangkan ExportGo

Dalam mempercepat ekspor produk UMKM Jabar, Tim Matching Fund Kedaireka Program Studi Bisnis Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad) bersama FTA Center Bandung mengembangkan platform ExportGo.

Adapun informasi yang termuat dalam website ExportGo :

Seputar perdagangan internasional, mulai dari informasi umum, regulasi, hingga tata cara melakukan ekspor untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM Jawa Barat.

Ketua Tim Dina Sartika menjelaskan, pengembangan platform ExportGo, karena masih terbatasnya kemampuan ekspor produk UMKM asal Jabar.

Dari hasil survei awal, hanya 14,37 persen dari total ekspor nasional yang berasal dari produk UMKM Jabar. Selain itu, pemanfaatan e-commerce untuk menjual produk UMKM Jabar juga masih rendah, yakni sekitar 21 persen.

“Sementara di sisi lain, Pemerintah mempunyai target menaikkan ekspor produk UMKM sebanyak 21,6 persen pada 2024,” ujarnya dikutip dari website Unpad, Jumat 9 Desember 2022.

Dari sisi UMKM, kata Dina, timnya telah melakukan identifikasi masalah masih terbatasnya produk UMKM Jabar untuk bisa diekspor. Salah satunya adalah pelaku UMKM kurang memahami prosedur dan tata cara ekspor, kurang paham regulasi negara tujuan, minim akses, hingga kurang memahami seputar kebijakan Free Trade Agreement (FTA). (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Humas Pemkot Bandung