/Unpad Bakal Bentuk Satgas Pusat Studi dan Layanan Disabilitas

Unpad Bakal Bentuk Satgas Pusat Studi dan Layanan Disabilitas

Unpad akan membentuk Satuan Tugas Pusat Studi dan Layanan Disabilitas, tujuannya untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam meraih pendidikan di Unpad.

Hal ini diungkapkan Kepala Departemen Komunikasi Massa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Herlina Agustin, M.Si., dalam Seminar “Akses Informasi Publik Tanpa ‘Keterbatasan’” yang digelar atas kerja sama KI Pusat, KI Jawa Barat dengan Universitas Padjadjaran di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Selasa 6 Desember 2022 dikutip dari website Unpad.

Hal itu, juga mengimplementasikan hak pendidikan penyandang disabilitas yang telah diatur dalam UU Disabilitas. Satgas ini, kata Herlina, akan menyoroti berbagai hal.

Selain penyediaan layanan pada disabilitas untuk mendapatkan akses yang sama, Satgas juga akan melakukan riset untuk memberikan layanan yang lebih kepada penyandang disabilitas, baik teknologi, layanan, maupun aksesibilitas lain.

Bentuk kegiatan yang akan dilakukan, di antaranya rekrutmen relawan untuk melakukan pendampingan, pelatihan bagi mahasiswa difabel untuk beradaptasi di lingkungan kampus, layanan konseling mahasiswa difabel, digitalisasi buku, hingga pelatihan etiket dan bahasa isyarat untuk mahasiswa non-difabel. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Baca juga :  Jabar Miliki 23.566 Orang Disabilitas