/Tujuan Pusat Studi Metropolitan Indonesia di ITB Kampus Cirebon

Tujuan Pusat Studi Metropolitan Indonesia di ITB Kampus Cirebon

ITB akan mendirikan Pusat Studi Metropolitan Indonesia di ITB Kampus Cirebon, tujuannya untuk mendukung pengembangan kawasan Rebana.

Terkait tujuan tersebut, ITB dan Badan Pengelola Kawasan Rebana melakukan Mou yang ditandatangani Kepala Badan Pengelola Kawasan Rebana, Bernardus Djonoputro dengan Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. pada Rabu 9 Agustus 2023.

Menurut Direktur ITB Kampus Cirebon, Dr. Ir. Iwan Kustiwan, M.T., ITB Kampus Cirebon adalah salah satu dari objek pembangunan dalam rencana proyek strategis nasional di kawasan Rebana.

“Adapun kegiatan yang dilakukan pada pusat studi tersebut adalah kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terkait kawasan industri, aerocity, pelabuhan patimban, pengembangan pariwisata di Kuningan, itu semua adalah area kajian dari pusat tersebut. Hasilnya akan dijadikan dasar dalam pengembangan kebijakan tersebut oleh Badan Pengelola Kawasan Rebana,” katanya dikutip dari website ITB, Minggu 13 Agustus 2023.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan Pusat Studi Metropolitan Indonesia di ITB Kampus Cirebon akan dibangun dengan memanfaatkan beberapa program studi yang ada di ITB Kampus Cirebon, salah satunya program studi di bawah Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK ITB). (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Humas ITB