/Tips Perawatan Interior dan Eksterior Mobil

Tips Perawatan Interior dan Eksterior Mobil

Perawatan mobil tidak hanya terkait dengan mesin kendaraan beroda empat tersebut, tetapi juga merawat kondisi interior dan eksterior mobil pun perlu dilakukan.

Mengutip siaran pers dari Shopee, berikut cara dan tips merawat interior dan eksterior mobil :  

1.Rawat dan bersihkan eksterior mobil agar tetap mengkilap

Bagian eksterior mobil yang terkena dampak langsung akibat buruknya cuaca adalah cat yang berguna untuk melindungi mobil dari karat. Terpaan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet dan air hujan yang mengandung zat asam dapat merusak cat mobil, apalagi jika terpaannya datang silih berganti.

Rutin mencuci mobil sangat penting untuk menjaga keindahan cat mobil. Ketika mobil digunakan, debu, kotoran, dan noda lainnya dapat menempel pada cat, jika tidak dibersihkan secara teratur dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan cat. Saat mencuci mobil, pastikan menggunakan spons atau kain microfiber yang lembut agar tidak merusak cat mobil. Hindari menggunakan sikat kasar atau sabun yang mengandung bahan kimia keras.

Gunakan wax mobil secara teratur. Wax akan membentuk lapisan pelindung yang membuat cat mobil terlihat lebih mengkilap dan terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, wax mobil juga dapat membantu memperlambat proses korosi pada bagian metal mobil. Pastikan menggunakan wax yang berkualitas dan sesuai dengan jenis cat mobil yang digunakan.

Siapkan penutup mobil atau pelindung kaca (sun shield) untuk menjaga mobil langsung terkena sinar matahari secara langsung. Atau usahakan untuk memilih tempat parkir yang teduh untuk melindungi cat mobil.

2.Nyaman berkendara dengan interior mobil yang wangi dan apik

Untuk menjaga jok mobil tetap bersih, bisa menggunakan vacuum cleaner mobil yang portable untuk membersihkan debu dan kotoran-kotoran yang jatuh, maupun leather cleaner atau conditioner agar jok awet dan tidak kusam.

Tak ada salahnya juga memberi wewangian di dalam mobil. Selain punya efek menenangkan, memilih aroma yang tepat bakal membuat pikiran lebih rileks.

3.Pastikan keamanan mobil dengan perangkat dashcam

Di era digital saat ini peran dashboard camera atau dashcam pada kendaraan pribadi menjadi penting. Bukan hanya berfungsi sebagai aksesoris di mobil tetapi fungsi utamanya mirip dengan CCTV sebagai fitur keamanan untuk merekam segala aktivitas dan kejadian saat berkendara. Apalagi dengan dashcam ini, pemilik kendaraan bisa menjadikan rekaman sebagai alat bukti jika terjadi sesuatu di jalan raya. Hasil rekaman akan disimpan dalam kartu memori sesuai kapasitasnya. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Shopee