/Tips Jaga Kesehatan Anak saat Liburan Sekolah
Alun-alun Bandung

Tips Jaga Kesehatan Anak saat Liburan Sekolah

Liburan sekolah bagi anak-anak haruslah menjadi momen yang menyenangkan, baik itu berlibur di rumah maupun diisi berekreasi ke berbagai tempat. Untuk itu orang tua perlu memerhatikan asupan gizi dan waktu istirahat anak saat liburan sekolah.

“Liburan sekolah memang menyenangkan, namun perlu diingat bahwa kelelahan saat bermain dapat menurunkan daya tahan tubuh anak. Akibatnya, mereka menjadi lebih rentan terhadap virus dan bakteri di sekitar. Orang tua perlu memperhatikan aspek kesehatan anak secara menyeluruh, terutama pola makan bergizi dan seimbang, untuk menjaga daya tahan tubuh mereka. Selain flu dan batuk, penyakit gangguan pencernaan seperti diare juga kerap menyerang anak saat liburan sekolah,” kata dr. Sem Samuel Surja, M. Biomed, yang praktik di Klinik Solace Medika dan FKIK Unika Atma Jaya, Jakarta seperti dikutip Golali.id dari siaran pers Wellings Indonesia.

Untuk itu perlu berbagai langkah dan tips untuk menjaga kesehatan anak di masa liburan sekolah :

= Membangun kebiasaan makan bergizi seimbang dengan banyak konsumsi serat dari buah dan sayur, serta menambahkan vitamin anak, merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit pencernaan pada anak-anak.

= Penting untuk memastikan anak-anak minum air yang cukup untuk mencegah dehidrasi, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

“Saat berwisata, usahakan membawa bekal yang bergizi dari rumah untuk menjaga kebersihan, selain itu berikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Namun jika anak sudah menunjukkan gejala gangguan pencernaan seperti demam, muntah atau sakit perut, segera bawa ke dokter agar mendapatkan penanganan dini dan mencegah komplikasi yang lebih serius,” sambung dr. Sem Samuel Surja. (Yatni Setianingsih/Golali.id)