/Teknik Memasak dalam Kuliner China

Teknik Memasak dalam Kuliner China

Kuliner China adalah salah satu kuliner yang dikenal di Indonesia, telah banyak aneka kuliner yang berasal dari kuliner China atau Tiongkok yang berakulturasi dengan kuliner Indonesia, maupun masih asli dari kuliner China.

Dalam teknik memasak, kuliner China hanya 5 teknik memasak yang digunakan seperti yang dijelaskan dalam buku Masakan Tionghoa HC (Edisi Revisi) yang ditulis Cherry Hadibroto (2017: 19-21) :

= Menumis cepat/stir fry

Teknik memasak dengan cara menumis, hanya membutuhkan sedikit minyak goreng dengan menggunakan api besar supaya masakan cepat matang.

= Menggoreng

Teknik memasak dengan menggunakan minyak goreng sesuai dengan ukuran bahan yang akan digoreng. Suhu minyak untuk menggoreng sekitar 160 – 190 derajat celcius.

= Merebus dengan api kecil

Bahan yang dimasak dengan cara ini, umumnya bahan daging.

= Mengukus

Teknik mengukus, uap air berasal dari air mendidih yang berada di bagian bawah kelakat panci kukus. Dengan demikian :

= Air di bawah kelakat harus cukup banyak

= Bila air menyusut, tambahkan air yang panas dengan cara ini suhu panas dalam panci kukus tidak menurun

= Mengetim

Dalam kulinari internasional dikenal sebagai au bain marie. Artinya masakan yang ditaruh dalam sebuah wadah, direbus dalam wadah/panci yang lebih besar dan berisi air.

Tinggi air tak boleh mendekati bibir wadah isi makanan, untuk menghindari air mendidih masuk. Usahakan nyala api stabil dan jika perlu tambahkan air yang panas.

Itulah teknik memasak dalam kuliner China. (Yatni Setianianingsih/Golali.id)