/Tahun 2023, 84 Persen Pelaku Usaha di Shopee dari UMKM dan Brand Lokal

Tahun 2023, 84 Persen Pelaku Usaha di Shopee dari UMKM dan Brand Lokal

Shopee mencatat pada tahun 2023, jumlah pelaku usaha yang bergabung di Shopee mencapai 84 persen berasal dari UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan brand lokal. Sebanyak 93 persen total transaksi didominasi produk lokal. Sedangkan penambahan jumlah penjual UMKM yang bergabung dengan Shopee pada tahun 2023, tercatat 500 ribu UMKM.

“Banyak cerita baru sepanjang perjalanan hingga pertengahan tahun 2024 ini, kami merasa bangga bisa menjadi bagian dari banyak kisah kesuksesan UMKM dan brand lokal,”

Menyaksikan mereka terus berkembang dan berinovasi dalam menciptakan produk berkualitas dan berhasil memperluas jangkauan pasarnya, memotivasi kami untuk terus memberikan dukungan terbaik bagi pelaku usaha lokal melalui berbagai program, kampanye, dan fitur interaktif, hingga pelatihan yang bisa membimbing para UMKM dan brand lokal semakin berdaya saing,”

“Kami optimis di sisa pertengahan tahun 2024 ini akan semakin menarik dengan berbagai terobosan baru, serta dengan kolaborasi dan kemitraan yang kuat, kita bisa saling menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif,” kata Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna dalam siaran pers yang diterima Golali.id, Selasa 12 Juni 2024.

Selama ini, Shopee telah meluncurkan berbagai Inovasi berkelanjutan untuk membantu UMKM dan brand lokal bertransformasi dan meningkatkan daya saing usaha serta memperkuat eksistensi di dalam negeri maupun internasional.

Adapun berbagai program dari Shopee untuk UMKM dan brand lokal :

= Shopee menghadirkan akses yang mudah dan inklusif sehingga UMKM dan brand lokal dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Melalui berbagai upaya strategis, inisiatif, dan program yang menarik, Shopee berhasil mencatatkan peningkatan total pesanan dari UMKM dan brand lokal hingga 4 kali lipat selama puncak kampanye di tahun 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

= Shopee juga menghadirkan layanan yang terintegrasi lewat Program Shopee Ekspor, di mana lebih dari 26 juta produk lokal telah diekspor ke berbagai negara.

Di awal 2024 dengan peningkatan transaksi produk yang diekspor, melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

= Shopee sukses mendorong pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal melalui fitur interaktif. Shopee Live memberikan wadah bagi penjual dan pembeli berinteraksi secara real-time dan menjelaskan produknya saat live stream.

Respon positif ini terlihat dari lonjakan produk lokal yang terjual lebih dari 13 kali lipat melalui Shopee Live dibandingkan tahun lalu. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Shopee