/Tahap Pembangunan RS Unpad

Tahap Pembangunan RS Unpad

Unpad mempersiapkan lahan seluas 41.868 m persegi, untuk pembangunan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) atau RS Unpad, yang berlokasi di Kampus Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang Provinsi Jabar.

Mengutip siaran pers yang diterima Golali.id, RS Unpad akan dikembangkan menjadi Rumah Sakit Kelas A dengan kapasitas 900 tempat tidur hingga kemudian pada akhirnya menjadi Rumah Sakit Pendidikan pada tahun 2027 mendatang.

1.Tahap pertama akan dibangun gedung berlantai 5 dengan kapasitas 100 tempat tidur seluas 10.653 meter persegi. Pembangunan tahap pertama dimulai pada Jumat, 17 Maret 2023.

Dana pembangunan sejumlah Rp 110 miliar berasal dari dana Unpad dan dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Menurut rencana, pembangunan tahap pertama ini akan selesai di akhir tahun 2023. Saat pembangunan tahap pertama selesai, RS Unpad akan menjadi Rumah Sakit Kelas C.

Rumah Sakit Kelas C merupakan sarana pelayanan kesehatan umum tingkat kabupaten/kota yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medis 4 (empat) spesialistik dasar dan 4 (empat) spesialistik penunjang. Rumah Sakit Kelas C merupakan fasilitas kesehatan tingkat 2 yang menampung rujukan dari faskes tingkat 1 seperti puskesmas, poliklinik dan dokter pribadi.

2.Untuk tahap berikutnya pendanaan berasal dari skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)

(Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : unpad.ac.id