/Syarat dan Keuntungan Ikut Beasiswa Fast Track dan Doktor Unpad

Syarat dan Keuntungan Ikut Beasiswa Fast Track dan Doktor Unpad

Untuk masuk program studi Pascasarjana, calon mahasiswa Unpad dapat mengikuti skema Program Fast Track Magister-Doktor serta skema beasiswa pendidikan Doktor.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti menjelaskan rogram Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran (BUPP) atau beasiswa Fast Track Magister-Doktor dibuka untuk mempercepat seseorang meraih gelar Doktor. Selama ini, proses untuk menyelesaikan studi hingga Doktor seringkali memerlukan proses yang panjang.

Melalui BUPP, peserta akan meraih gelar Magister dan Doktor selama 4 tahun.

Syarat calon mahasiswa peraih BUPP dan BPDP :

-Program ini terbuka tidak hanya bagi alumni Unpad, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia maupun dari luar negeri.

-Merupakan mereka yang berkualifikasi baik. Calon mahasiswa berkualifikasi baik tersebut akan bertemu dengan dosen supervisor yang juga berkualifikasi baik juga.

– Rektor menekankan, syarat penerima BUPP dan BPDP lebih tinggi dibandingkan dengan program Pascasarjana reguler. Hal ini bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualifikasi baik. Persyaratan pendaftaran BUPP dan BPDP dapat dilihat di laman SMUP.

Para dosen yang menjadi supervisor program ini telah diseleksi dan memenuhi syarat khusus yang ditetapkan Unpad.

“Ketika calon mahasiswa berkualifikasi baik bertemu dengan dosen berkualifikasi baik, diharapkan bisa berkolaborasi menghasilkan output riset yang berkualifikasi baik juga. Ini tentu akan meningkatkan SDM unggul buat Indonesia,” ungkapnya dikutip dari website Unpad, Rabu 19 April 2023.

-Program BUPP dibuka untuk 10 mahasiswa, sedangkan program BPDP dibuka untuk 11 mahasiswa.

Keuntungan mengikuti program beasiswa :

-Untuk BUPP, mahasiswa akan menerima bantuan biaya pendidikan selama empat tahun, biaya hidup per bulan, serta biaya riset.

-Sementara untuk program BPDP, mahasiswa akan menerima bantuan biaya pendidikan selama tiga tahun serta biaya riset.

-Para supervisor program BUPP dan BPDP merupakan dosen Unpad dari berbagai bidang keilmuan, baik saintek maupun sosiohumaniora. Untuk perkuliahan Fast-Track mengikuti kebijakan pembelajaran di program studi yang dipilih. Sementara perkuliahan Doktor sepenuhnya berbasiskan riset. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Unpad

TAGS: