/Syarat Beli Beras di Operasi Pasar Kota Bandung

Syarat Beli Beras di Operasi Pasar Kota Bandung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Bulog Kota Bandung dan Bank Indonesia mengadakan operasi pasar untuk beras medium di Kantor Bulog, Kecamatan Rancasari Kota Bandung, Selasa 14 Februari 2023.

Pada operasi pasar kali ini, beras medium dijual dengan harga Rp8.500 per kilogram atau Rp42.500 per satu kemasan 5 kilogram. Harga ini berada di bawah harga eceran di pasar, yakni Rp9.450 per kilogram.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap, operasi pasar ini dapat membantu masyarakat Kota Bandung. Menurutnya, beras merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harganya perlu terus distabilkan karena berpengaruh terhadap inflasi.

“Diharapkan juga dapat membantu masyarakat jelang Ramadan dan Idulfitri. Karena beras merupakan kebutuhan pokok,” ujarnya.

Total sebanyak 600 ribu kilogram beras didistribusikan dalam operasi pasar bersama Bulog dan Bank Indonesia ini. Keseluruhan beras ini dibagi untuk 30 kecamatan, sehingga setiap kecamatan mendapatkan jatah 20 ribu kilogram.

Adapun ketentuan operasi pasar ini, para pembeli wajib membawa KTP Kota Bandung. Sedangkan pembeliannya dibatasi maksimal 2 kemasan atau setara 10 kilogram beras.

Luncurkan Beras SPHP

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah menyebut, selain operasi pasar, Pemkot Bandung telah meluncurkan Beras Medium Stabilisiasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) kepada para pedagang di pasar. Total sudah 750 ton Beras Medium SPHP digelontorkan untuk menekan kenaikan harga beras di Kota Bandung.

Sehingga Elly memastikan stok beras di Kota Bandung dalam kondisi yang aman dan mencukupi.

“Untuk stok aman, tetapi untuk harga kita tidak bisa pungkiri memang ada kenaikan,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, 29 Kecamatan berikutnya yang akan menggelar operasi pasar beras medium akan diumumkan secara berkala.

“Hari Kamis mendatang akan diselenggarakan di Kecamatan Cibiru dan Ujungberung,” ujarnya.

Nolda (43), salah satu warga Kecamatan Rancasari menyambut positif operasi pasar ini. Ia bercerita, beras yang dibelinya untuk kebutuhan memasak di rumahnya yang dihuni 5 orang.

Ia mengaku, harga beras medium yang dijual pada operasi pasar ini tergolong murah. Ia pun mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini.

“Berharap ada lagi program seperti ini karena bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung