/Sprinkler Warga, Inovasi dari PNS Diskar PB Kota Bandung

Sprinkler Warga, Inovasi dari PNS Diskar PB Kota Bandung

Sprinkler Warga, karya Cecep Rustiana sebagai Analis Kebakaran Ahli Muda pada Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung masuk 10 besar nominasi pada perlehatan PNS Berprestasi, Inovatif ,dan Future Leader tingkat Provinsi Jawa Barat.

Sprinkler Warga adalah pemanfaatan dan optimalisasi air di pemukiman, sebagai sarana pemadaman dalam upaya pengurangan resiko kerugian kebakaran.

Alat ini mampu menjangkau perlindungan kurang lebih 25 rumah dan 100 jiwa. Dengan jangkauan area seluas 0,75 Ha.

“Awal penelitian tahun 2019 kemudian berkembang sampai saat ini. Gagasannya dari kondisi kebakaran terjadi potensinya tiap kota itu ada. Saya berfikir bahwa kejadian kebakaran itu pasti memanggil pemadam dan menunggu pemadam kebakaran membawa air, sementara potensi air di pemukiman banyak,” katanya, Rabu 19 Oktober 2022.

Ia menerangkan, Sprinkler Warga sebagai manajemen air yang digunakan untuk keadaan darurat. Sehingga warga bisa menggunakan ketika menunggu pemadam datang.

“Manajemen air digunakan bisa bermanfaat saat darurat. Proses pemadaman bukan banyaknya air tapi tekanan dan laju air. Keunikan itu desain menggunakan sepeda motor dengan perputaran tenaga ban untuk mengeluarkan air,” bebernya.

Saat ini Sprinkler Warga, ungkap Cecep sudah diduplikasi di wilayah lain seperti Kabupaten Bandung hingga Kota Yogyakarta.

Sedangkan di Kota Bandung telah diterapkan di 25 RW, yang target tahun depan ditambah menjadi 198 RW.

“Sprinkler Warga ini sidah di duplikasi oleh Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bandung,” ujarnya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung