/Soto yang Ada di Jawa Tengah

Soto yang Ada di Jawa Tengah

Soto termasuk kuliner yang hampir hadir di semua daerah yang ada di Indonesia, hanya beda variasnya. Provinsi Jawa Tengah atau Jateng, termasuk wilayah di Indonesia kaya akan varian soto yang beragam jenisnya hampir ada di setiap kabupaten dan kota.

Mengutip dari buku Jalan-Jalan dan Jajan di Jawa Tengah yang diterbitkan Pemerintah Provinsi Jateng, berikut deretan soto di Jateng atau Jawa Tengah

1.Soto Kudus

Soto kudus menggunakan kuah santan. Biasanya soto kudus terdiri dari suwiran daging ayam kampung,

tauge, selederi, dan daun bawang sebagai campurannya. Beberapa penjual juga menyediakan soto

dengan bahan dasar daging kerbau.

Lokasi Soto Ayam Kudus yang terkenal  :

Soto Pak Rame, Alun-alun Kudus

Soto Pak Denuh, Jalan AKBP Agil Kusumadya

Soto Bu Jatmi, Jalan Wahid Hasyim

Soto Kerbau Kudus :

Soto Pak Di, Pasar Kliwon

Soto Karso Karsi, Jalan AKBP Agil Kusumadya

Soto Wani Piro, Jalan Museum Kretek

2.Soto Kemiri khas Kabupaten Pati

Soto kemiri menggunakan suwiran ayam dan tauge, memiliki aroma kemiri yang khas. Kuah  yang lebih encer.  Soto kemiri banyak dijual pedagang di Jalan Kembang Joyo Desa Kemiri dan  Waroeng Pati Jalan Raya Pati – Kudus.

3.Soto Klethuk khas Kabupaten Blora

Soto Klethuk memiliki kekhasan sensasi renyah karena terdapat taburan klethuk. Klethuk terbuat dari getuk singkong yang digoreng.

Rumah Makan Gajah Jalan Pemuda No 1 Blora dekat Alun-alun, menjadi salah satu tempat yang bisa dipilih untuk menikmati Soto Klethuk.

4.Tauto Soto khas Kota Pekalongan

Soto pekalongan menggunakan bumbu tauco manis. Untuk isi daging sandung lamur,telur rebus, dan emping. Bisa dinikmati di kawasan Alun-alun Pekalongan, Sorogenen, dan Jetayu.

Baca juga :  Pemerintah Desa Sayati Lakukan Pembersihan Sungai Cikahiangan, Antisipasi Luapan Air Hujan

5.Sauto Tauco Tegal

Sauto tauco Tegal, soto khas tegal yang memiliki rasa manis, asam, dan asin. disajikan dalam mangkok

kecil diatas lepek (tatakan piring kecil), isianya daging ayam suwir, potongan babat rebus, tauge, bawang goreng, tambahan tauco sebelum disiram kuah.

6.Soto Sokaraja khas Kabupaten Banyumas

Ciri khas Soto Sokaraja khas Kabupaten Banyumas yaitu penggunaan sambal kacang dan ketupat serta dilengkapi dengan kerupuk berwarna-warni. Soto Sokaraja khas Kabupaten Banyumas memiliki bahan dasar daging ayam atau sapi.

7.Soto Boyolali

Soto Boyolali berkuah bening dan disajikan dalam porsi kecil. Nasi dalam mangkuk ditamabh tauge, suiran daging ayam atau daging sapi, kemudian disiram kuah soto. Ditambah bawang merah goreng, daun bawang, dan selederi

8.Soto Purbalingga

Purbalingga memiliki beraneka jenis soto, antara lain

Soto Jatibasa bahan baku ketupat, toge (kecambah kacang hijau), soun putih, kerupuk dari ketela pohon, daun luncang, potongan daging sapi. Disiram kuah soto dan ditambah kecap. Untuk rasa pedas bisa ditambah sambal kacang.

Soto So : tambahan so (daun melinjo) pada mangkuk terpisah

Soto Kriyik : kuah santan dan taburan perkedel yang telah digoreng kering di atas soto. Jika perkedel dimakan akan menimbulkan suara kriyik-kriyik. (Yatni Setianingsih/Golali.id)