/Sinopsis Novel Kereta Semar Lembu

Sinopsis Novel Kereta Semar Lembu

Novelis Zaky Yamani kembali merilis novel berjudul Kereta Semar Lembu pada 2022, saat ini memasuki tahap pre-order mulai 1 September 2022 sampai 11 September 2022

Novel Kereta Semar Lembu merupakan juara pertama Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2021. Isi novel ini mengangkat imajinasi, sejarah, mitos, dan khalayan liar tentang dunia dan alam orang-orang mati. Novel Kereta Semar Lembu diterbitkan Gramedia.

Mengutip akun twitter novelis Zaky Yamani @johnny_mushroom

“Lembu tak pernah tahu kenapa dia dikutuk tak bisa jauh-jauh dari rel kereta api. Kutukan yang membuat dirinya berkelana menumpang kereta api, melewati seluruh jalur yang ada di Jawa, selama 100 tahun kehidupannya.

Tak juga pernah dia ketahui sejarah ibunya, atau tentang Mbok Min-yang begitu mengasihinya tanpa syarat. Pun dia tak tahu dari mana datangnya makhluk-makhluk yang hanya terlihat olehnya.

Makhluk-makhluk gaib datang bergantian, menemani setiap fase kehidupannya.

Lembu memang tak ingin tahu semua itu. Namun, dia tahu, dia lahir saat jalur kereta pertama di Jawa sedang dibangun.

Lembu juga mungkin tahu, sesungguhnya ada yang selalu mengawasinya. Setiap langkahnya sudah ditentukan sejak dia lahir untuk sebuah tujuan.

Bahkan bagaimana dia mati pun sudah ada yang mengatur. Kerincing yang terkalung di lehernya membuat dia harus berurusan dengan dewa-dewa yang kian tersingkir saat tanah Jawa semakin tenggelam ke abad modern,” tulisnya.

(Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : @johnny_mushroom