/Sinopsis Film Sokola Rimba

Sinopsis Film Sokola Rimba

Film Sokola Rimba mengisahkan tentang perjalanan Butet Manurung (Prisia Nasution) yang mendedikasikan hidupnya untuk mengajar membaca, menulis, dan berhitung kepada anak-anak masyarakat suku anak dalam, yang dikenal sebagai Orang Rimba. Mereka tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas Provinsi Jambi.

Awalnya Butet Manurung bekerja di suatu lembaga konservasi alam di Jambi, yang sering sekali bertemu dengan anak-anak di sekitar tempatnya kerja yang tidak mendapatkan pelajaran membaca, menulis, dan berhitung.

Di sela-sela kesibukannya, Butet Manurung mengabdikan diri sebagai seorang pengajar tanpa pamrih. Hingga suatu hari Butet Manurung terkena demam malaria, saat bekerja di tengah hutan dan diselamatkan seorang anak dari suku anak dalam bernama Nyungsang Bungo (Nyungsang Bungo) hingga sembuh.

Tanpa diketahui, ternyata Nyungsang Bungo sering melihat Butet Manurung mengajar kepada anak-anak. Butet Manurung pun mengetahui hal tersebut, saat dirinya kembali mengajar anak-anak dan melihat Nyungsang Bungo mengintip di balik pohon.

Butet pun mendekati Nyungsang Bungo dan baru tahu, jika jarak tempat tinggal Nyungsang Bungo sangat jauh sekitar 7 jam, dari tempat Butet.

Butet pun mendatangi tempat tinggal Nyungsang Bungo, untuk mengajar tetapi sayangnya ditolak oleh pihak tempat tinggal Nyungsang Bungo. Langkah Butet pun ditolak tempatnya bekerja.

Namun dengan berbagai cara, akhirnya langkah Butet pun bisa diterima pihak Nyungsang Bungo kendati tidak mulus, apalagi hingga terjadi suatu tragedi. Butet pun tidak boleh kembali masuk ke wilayah tersebut.

Apakah Butet Manurung dapat meneruskan mimpinya, memberikan pelajaran membaca, menulis, dan berhitung kepada anak-anak di daerah terpencil?

Film Sokola Rimba diadaptasi dari buku Sokola Rimba dan kisah hidup Butet Manurung. Film Sokola Rimba tayang perdana di bioskop Indonesia pada tanggal 21 November 2013. Sutradara Film Sokolo Rimba yaitu Riri Riza dan diproduksi Miles Films. (Yatni Setianingsih/Golali.id)