/Sinopsis Film Kabayan Jadi Milyuner

Sinopsis Film Kabayan Jadi Milyuner

Film Kabayan Jadi Milyuner merupakan film layar lebar, yang tayang di bioskop Indonesia pada Desember 2010.

Film Kabayan Jadi Milyuner mengisahkan tentang perjalanan Kabayan (Jamie Aditya), yang ingin mendapatkan cinta Nyi Iteung (Rianti Cartwright) hingga harus mengorbankan tanah yang menjadi lokasi Pesantren As-Salam. Kabayan menandatangani surat perjanjian jual beli tanpa dilihat terlebih dahulu, karena Abah (Didi Petet) dan Ambu (Meriam Bellina) selaku orangtua Nyi Iteung menjanjikan akan merestui Kabayan sebagai menantunya.

Padahal Nyi Iteung adalah pacar Bos Rocky (Christian Sugiono), yang menginginkan tanah tersebut untuk dibangun Resort. Iteung bekerja di perusahaan Rocky sebagai Akunting. Awalnya Nyi Iteung, Ambu, dan Abah menolak keinginan tersebut. Tetapi Rocky terus menerus membujuknya dan menjanjikan akan membangun Resort dan Masjid yang akan diberi nama Abah.

Kabayan pun tertipu dan harus menebus semuanya dengan kehilangan tanah dan Nyi Iteung. Abah menantang Kabayan untuk dapat mengembalikan tanah tersebut dan menikahi Nyi Iteung, asalkan menyediakan uang Rp1 miliar dalam 1 minggu.

Kabayan dengan ditemani sahabatnya Armasan (Amink), berusaha mendapatkan uang dengan berusaha mencari penghasilan di Jakarta. Karena menurut keduanya, Jakarta lah tempat tujuan mencari uang. Tetapi tidak semudah itu, berbagai tantangan harus dihadapi bahkan hingga masuk penjara dan menjadi teroris. Apakah Kabayan bisa mendapatkan Rp 1 Milyar dalam 1 Minggu ? Bagaimana dengan nasib pesantren dan cinta Kabayan ke Iteung?

Film Kabayan Jadi Milyuner diadaptasi dan dikembangkan dari cerita Kabayan, yang terkenal dari tatar Sunda. Film Kabayan Jadi Milyuner pun menghadirkan kultur berupa bahasa dan seni yang ada dalam budaya Sunda. (Yatni Setianingsih/Golali.id)