/Sinopsis Film Aruna dan Lidahnya

Sinopsis Film Aruna dan Lidahnya

Film Aruna dan Lidahnya mengisahkan tentang Aruna (Dian Sastrowardoyo) sebagai seorang epidemiologi yang mempunyai hobi berwisata kuliner ke berbagai daerah bersama sahabatnya Bono (Nicholas Saputra) yang berprofesi sebagai Chef.

Keduanya berencana, untuk berwisata kuliner di tengah kesibukan aktivitasnya dengan mengambil cuti.

Tetapi, Aruna tiba-tiba mendapat tugas dari kantornya, untuk melakukan investigasi ke Surabaya, Madura, Singkawang, dan Pontianak terkait virus flu burung atas pesanan salah satu instansi pemerintah.

Bono yang sudah mengambil cuti pun mengajukan ide, untuk menjadikan tugas luar kota Aruna sambil wisata kuliner.

Keduanya pun berangkat, Aruna kerja sambil wisata kuliner. Sedangkan Bono menemani wisata kuliner. Sesampainya di Surabaya, Aruna bertemu dengan Farish (Oka Antara) seorang dokter hewan yang juga mendapatkan tugas untuk bekerja bersama Aruna, dari kantor yang berbeda.

Farish sepertinya tidak suka Aruna bekerja sambil wisata, juga membawa temannya Bono. Aruna menjadi kikuk bertemu dengan Farish, karena saat satu kantor pernah naksir Farish. Selain bertemu Farish yang tidak diduga, Bono pun telah mengundang Nadezhda (Hannah Al Rashid) seorang penulis buku dan artikel kuliner, untuk bergabung dalam acara wisata kuliner.

Bagaimana perjalanan investigasi virus flu burung yang penuh aroma korupsi, juga perjalanan wisata kuliner tersebut?

Dalam film ini, aneka kuliner disajikan mulai dari Rawon, Soto Lamongan, Lorjuk Campur, Rujak Soto, Choipan, sampai kuliner ala India.

Film Aruna dan Lidahnya, diadaptasi dari novel Aruna dan Lidahnya yang ditulis  novelis Laksmi Pamunjtak

Film Aruna dan lidahnya pertama kali tayang di bioskop pada 27 September 2018 , film Aruna dan Lidahnya diproduksi Palari Films. (Yatni Setianingsih/Golali.id)