/Shopee Dukung AKI 2022 Kemenparekraf

Shopee Dukung AKI 2022 Kemenparekraf

Shopee mendukung Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), di berbagai kota di Indonesia termasuk di Yogyakarta.

Dalam AKI 2022,  Shopee memberikan mentoring kepada peserta AKI 2022 yang mencakup pelatihan dasar seperti cara membuka toko online, hingga pelatihan lanjutan yang fokus pada pengembangan bisnis online melalui Bimbel Shopee.

Peserta AKI 2022 juga menerima pelatihan pembuatan QRIS ShopeePay sebagai salah satu metode pembayaran merchant yang akan digunakan di pameran AKI di berbagai kota di Indonesia, termasuk Yogyakarta.

Selain itu, Shopee juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada 20 peserta sebelum produk mereka tampil di pameran produk AKI 2022 masing-masing kota. Peserta AKI 2022 dari Yogyakarta merupakan hasil kurasi dari 6.351 UMKM pendaftar.

“30 juta UMKM pemerintah targetkan sudah memasuki pasar digital atau e-commerce hingga tahun 2023. AKI kami hadirkan sebagai program untuk mengembangkan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas digital di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Kami mengapresiasi inisiatif Shopee yang telah berkolaborasi bersama kami untuk mendukung tercapainya tujuan ini, dengan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM lokal agar mempercepat UMKM lokal memasuki platform digital. Kami berharap, diselenggarakannya kembali program AKI ini bisa turut mendukung UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas dan berdaya saing, khususnya di era transformasi digital saat ini,” terang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam pembukaan AKI 2022 di Yogyakarta.

Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya menjelaskan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM.

“Shopee ingin menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi mereka. Potensi besar dari pelaku UMKM mendorong kami untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Yogyakarta dan sekitarnya. Kerja sama kami dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal agar mereka dapat lebih memahami dan merasakan manfaat dari platform digital untuk mengembangkan bisnis secara optimal,” tutur Ade.

Baca juga :  Janédan, Tas Kulit dengan Konsep Upcycling Asal Yogyakarta Ramaikan Java in Paris

Peserta AKI 2022 mengaku dukungan dari Shopee ini memberikan dampak positif  untuk bisninya, mulai dari peningkatan literasi platform digital hingga soft dan hard skills yang bermanfaat untuk pengembangan toko online mereka di Shopee.

Selain menerima pelatihan, pegiat UMKM pun dapat memanfaatkan program pemasaran online “Shopee Pilih Lokal”, kanal khusus yang Shopee hadirkan untuk menyoroti produk lokal unggulan. Kanal ini dapat mendukung pemasaran produk pegiat UMKM lokal dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

Seperti diketahui, AKI merupakan program inisiasi Kemenparekraf yang telah dimulai sejak tahun 2021 untuk mendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia di berbagai sektor ekonomi termasuk ekonomi kreatif, serta mengapresiasi pencapaian UMKM dan meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap produk UMKM lokal di daerahnya.

Tahun ini, rangkaian acara AKI 2022 terdiri dari penilaian calon peserta AKI 2022 oleh kurator profesional, temu sapa virtual peserta AKI 2022 terpilih dengan calon mentor dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kelas mentoring peserta AKI, pameran produk dan pertunjukan karya peserta AKI, serta festival nasional yang diikuti peserta terpilih dari tiap kota. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Shopee