/Seribu Orang Ikut Mudik Gratis Pemkot Bandung dan Defend ID

Seribu Orang Ikut Mudik Gratis Pemkot Bandung dan Defend ID

Sejumlah warga menyambut antusias mengikuti mudik gratis yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Defend ID, Selasa 18 April 2023.

Sebanyak 1.000 warga masyarakat mengikuti program mudik gratis ini dengan berbagai tujuan yakni  Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal, dan Lampung.

Dalam mudik gratis tahun ini, Defend ID dan Pemkot Bandung menyediakan 20 bus mudik. Terdiri dari 7 Bus Len, 4 Bus Dahana, 2 Bus Pindad, 1 Bus PAL, 2 Bus SEI, 2 Bus LTI, 1 Bus Eltran , dan 1 Bus LRS.

Salah satu peserta mudik gratis yaitu Rusyanto (42). Ia merasa terbantu sekali atas inisiasi Pemkot Bandung menggelar Mudik Gratis 2023 itu. Ia bersama istri dan kedua buah hatinya akan mudik ke kampung halamannya di Yogyakarta

“Terbantu sekali dengan adanya mudik gratis ini, apalagi bus yang disediakan sangat nyaman,” katanya di Balai Kota Bandung.

Ia mengungkapkan, tiket Bandung-Yogyakarta sekitar Rp350.000-Rp500.000. Namun dengan adanya mudik gratis, ia bisa menghemat.

Tak berbeda dengan Rusyanto, warga lainnya Rian Ramadan (30) mengaku bersyukur dapat mengikuti program mudik gratis ini. Tahun ini, ia bersama keluarga akhirnya dapat mudik ke Solo, Jawa Tengah.

Rian berharap, program mudik gratis ini dapat terus digulirkan Pemkot Bandung bersama stakeholders lainnya.

“Alhamdulillah, semoga tahun depan bisa ikut mudik gratis lagi,” katanya.

Di tempat yang sama, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung, Ema Sumarna yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Tono Rusdiantono Hendroyono mengucapkan terima kasih kepada BUMN pertahanan dalam hal ini Defend ID yang telah memfasilitasi warga Kota Bandung dalam mudik gratis tahun 2023.

“Mudah-mudahan Bapak ibu sekalian peserta mudik senantiasa diberikan kekuatan kesehatan dan selamat sampai tujuan,” katanya.

Sebelumnya, pada 15 April 2023 lalu Pemkot telah melepas program mudik bareng gratis sebanyak 285 peserta dengan tujuan Yogyakarta, Solo, Cirebon,  Ciamis dan Sukabumi

Untuk diketahui, Defend ID adalah holding BUMN industri pertahanan yang terdiri dari PT Len Industri (Persero) selaku induk holding, dengan 4 anggota yakni PT Dahana, PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, dan PT PAL Indonesia.

Secara keseluruhan, di tahun 2023 BUMN menyiapkan 65.603 kuota mudik gratis dengan rincian 46.523 penumpang pada 1.009 bus, 15.658 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api, dan 2.562 penumpang dengan tujuh kapal laut. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung

TAGS: