/Serbu, Program Gotong Royong PKK Kelurahan Wates Kota Bandung

Serbu, Program Gotong Royong PKK Kelurahan Wates Kota Bandung

Ungkapan “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit” terwujud dalam gerakan Serbu (sedekah sehari seribu) yang dijalankan  warga Kelurahan Wates, Kecamatan Bandung Kidul. Program yang dipelopori ketua dan anggota PKK Inti Kelurahan Wates telah berjalan sejak Juni 2020.

Hal ini mendapatkan apresiasi dari Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana. Ia menyampaikan, banyak sekali yang bisa dirasakan oleh masyarakat lewat program Serbu.

“Tidak harus sesuatu yang besar, tapi dari hal kecil bisa membantu masyarakat di kelurahan ini,” ujar Yunimar saat berkunjung ke Wates, Senin, 10 Oktober 2022.

Menurutnya, uang Rp1.000 yang kerap kali terabaikan, ternyata bisa sangat bermanfaat kalau rutin dikumpulkan.

“Jangan pernah kita meremehkan hal kecil karena ini bisa bermanfaat bagi orang lain,” ucapnya.

Ia berharap, semangat ini bisa menular ke kelurahan lainnya di Kota Bandung. Sehingga, akan semakin banyak masyarakat yang terbantu kesejahteraannya.

“Kalau semua masyarakat peduli seperti ini, mungkin tidak akan ada yang kekurangan lagi. Stunting pun terbantu melalui kegiatan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Serbu dan TP PKK Wates, Yati Rohyati menjelaskan, Serbu merupakan penjabaran dari visi misi Kota Bandung yaitu Unggul, Nyaman, Sejahtera, dan Agamis.

“Serbu awal mula dilakukan oleh anggota PKK inti berjumlah 16 orang. Lalu, masyarakat sekitar terketuk hatinya untuk mengikuti kegiatan tersebut sehingga sampai akhir September kegiatan serbu sudah diikuti oleh 206 anggota,” papar Yati.

Hasil dari Serbu disalurkan tiap bulan kepada masyarakat yang terpapar Covid-19, lansia yang sakit, disabilitas, warga asuh, yatim piatu, dan dhuafa, Gober Linmas, PRSE (Perempuan Rawan Sosial Ekonomi), dan DKM.

“Program ini memudahkan orang-orang yang ingin bersedekah walau hanya dengan uang recehan. Sehingga bisa diikuti oleh warga kecil, menengah dan atas,” tuturnya.

Ia berharap, program ini bisa membantu warga yang membutuhkan. Terlebih warga yang tidak mendapat bantuan sosial dari pemerintah.

“Dengan Serbu bisa terjalin silaturahmi kuat dengan warga yang mendapat bantuan setiap bulannya,” imbuhnya.

Terdapat 7 RW yang tergabung dalam program Serbu di Wates. Per 10 Oktober 2022 telah terkumpul sebanyak Rp4,4 juta dari masyarakat. Ditambah Rp1,7 juta dari donatur lain dan Rp539.000 dari PKK. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung