/Sekilas Sejarah Tarung Derajat

Sekilas Sejarah Tarung Derajat

Tarung Derajat diciptakan oleh Sang Guru Achmad Dradjat atau akrab dipanggil Aa Boxer,  pada tahun 1997 menjadi anggota KONI. Barulah lahir kepengurusan bernama PB Kodrat (Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat).

Sejak itu Tarung Derajat dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON). Adapun Pengurus Provinsi Kodrat pada 2021 sudah ada di 21 provinsi di Indonesia termasuk Jabar.

Saat ini  PB Kodrat dipimpin Bambang Soesatyo, Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap Tarung Derajat semakin mendunia, dan bisa disertakan dalam event olahraga bertaraf internasional.

“Mudah-mudahan di bawah kepemimpinan Pak Bamsoet bisa mendunia lebih banyak. Kami dukung dari Jabar agar Tarung Derajat ini suatu hari bisa berkembang di seluruh dunia,” kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil dalam rilis HUMAS PEMPROV JABAR.

Saat ini sebanyak 18 Kepala Dinas dan Kepala Biro di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengisi kepengurusan Keluarga Olahraga Tarung Derajat Jabar. Diharapkan cabang olahraga bela diri ini semakin berkembang sampai pelosok desa, dan masuk dalam event olahraga bertaraf internasional.

Yerry Yanuar yang merupakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar dipercaya menjadi ketua Pengprov Kodrat Jabar untuk masa bakti 2021-2025 setelah dilantik oleh Ketua PB Kodrat Bambang Soesatyo, di Kota Bandung, Sabtu 5 Maret 2022. (*/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar