/Sejarah Fun Bike Budaya Gerakan Bersepeda di Kota Bandung

Sejarah Fun Bike Budaya Gerakan Bersepeda di Kota Bandung

Sebanyak 500 pesepeda dari beragam komunitas ikut meramaikan Fun Bike Budaya Gerakan Bersepeda Series IV yang dimulai dari Balai Kota Bandung, Sabtu 3 Juni 2023. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat Kota Bandung untuk membangun gerakan budaya bersepeda yang berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna. Menurut Ema kebiasaan tersebut memang tidak mudah. Apalagi beragamnya kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

“Tapi saya yakin dengan ketelatenan dan kesabaran serta konsistensi dari para penggemar pelaku bersepeda, kita akan bertemu dalam satu titik waktu warga Kota Bandung familiar dengan kegiatan bersepeda,” seru Ema.

“Penduduk di Kota Bandung ini sangat luar biasa, apalagi saat long weekend seperti ini bisa sampai 3 juta lebih manusia ada di sini. Luas wilayah yang semakin sempit dan penduduk yang kian bertambah,” ujarnya.

“Kalau kita tidak mengubah pola perilaku di dalam berkegiatan tentunya polusi di Kota Bandung akan semakin memburuk,” lanjut Ema.

Dengan dimarakkannya lagi kegiatan bersepeda dalam aktivitas sehari-hari, ia berharap bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurai kemacetan di Kota Bandung.

Sementara itu, terkait acara bersepeda kali ini, Plh Kepala Dinas Perhubungan, Ricky Gustiadi mengatakan, kegiatan tersebut telah rutin setiap tahunnya dimulai dari tahun 2019. Hal ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat Kota Bandung untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi alternatif sehari-hari selain kendaraan bermotor.

“Ini juga sebagai upaya dalam menyosialisasikan sepeda secara interaktif sebagai kendaraan ramah lingkungan serta edukasi tentang etika dan keselamatan bersepeda di jalan raya,” jelas Ricky.

Selain fun bike, kegiatan ini juga ditujukan untuk sosialisasi keselamatan lalu lintas dan aktivasi jalur sepeda serta trotoar.

“Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan berbagai komunitas sepeda di Bandung Raya. Akan ada pembagian hadiah lima sepeda kepada siswa berprestasi untuk meningkatkan budaya bersepeda di Kota Bandung,” imbuhnya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung