/Sejarah dan Lokasi Elina Keramik

Sejarah dan Lokasi Elina Keramik

Elina Keramik adalah salah satu produsen keramik di Kota Bandung. Alamat atau lokasi Elina Keramik atau yang lebih dikenal dengan nama Studio 181 berada di Jalan Taman Pramuka Kota Bandung. Elina Keramik didirikan Elina Farida

Manager Elina Keramik, Adhika mengatakan berdirinya Elina Keramik berdasarkan dari latar belakang Elina lulusan dari Seni Keramik Institut Teknologi Bandung (ITB). Selain itu, Elina juga ingin mengembangkan kriya keramik yang ada di Indonesia.

Berada di tengah Kota Bandung, Studio Keramik ini berdiri sejak 2001 dan bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat mengembangkan hobi yang menarik untuk dicoba karena selain menjual berbagai produk keramik. Di tempat ini juga mengadakan kelas workshop.

“Kita membuka jasa workshop setiap hari Senin-Sabtu,” kata anak Elina Farida ini.

Adapun, biaya workshop di Elina berbeda-beda tergantung pilihan kelasnya.

“Harga workshop disini bisa dari Rp250.000-Rp500.000,” imbuhnya.

Elina Keramik juga pernah mengekspor produknya ke sejumlah negara. Di antaranya, Dubai dan Jepang. Elina Keramik menyediakan berbagai keperluan home decoration seperti hiasan nomor rumah atau hiasan dinding dan tableware seperti piring, mangkok, dan gelas.

Elina Keramik menggunakan 2 jenis tanah liat, yaitu tanah stoneware yang berwarna abu-abu yang berasal dari Sukabumi. Juga tanah liat gerabah yang berasal dari Plered Purwakarta.

“Kebetulan kita produksi tanah liat yang stoneware karena kualitasnya lebih bagus dibanding tanah yang gerabah,” kata Adhika.

Tidak hanya pesanan biasa, Elina Keramik biasanya juga menerima pesanan custom yang menyesuaikan dengan kebutuhan konsumennya, seperti kebutuhan untuk cafe ataupun galeri.

“Harga produknya tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya, paling murah ada di kisaran Rp100.000 dan paling mahal ada di Rp500.000,” ungkap Adhika.

Proses pembuatan Elena Keramik bisa memakan waktu 1 hingga 2 minggu, setelah produk dibentuk kemudian ada proses penjemuran. Kemudian proses pembakaran yang pertama, sebelum akhirnya produk siap diwarnai untuk menuju pembakaran yang kedua.

“Cepat atau lambatnya keramik itu tergantung cuaca. Kalau kemarau bisa lebih cepat cuma karena sekarang lagi musim hujan jadi agak lama,” kata Adhika.

Elena Keramik juga menyediakan custom warna bagi setiap produk yang dipesan, jadi konsumen tidak akan merasa bingung karena nantinya akan dikasih lihat katalog warnanya.

Elina Keramik juga menyuguhkan ruang pamer dan cafe yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Elina Keramik.

Para penggemar keramik, bisa kunjungi Instagram @elina.keramik untuk info pemesanan workshop atau produk Elena Keramik.

Produk dari Elena keramik pernah masuk nominasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) pada tahun 2005 dan 2006. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung