/Segini Nilai Ekspor Kopi dan Kakao dari Jabar

Segini Nilai Ekspor Kopi dan Kakao dari Jabar

Hingga tahun 2024 kopi dan kakao menjadi salah satu komoditas potensial ekspor Jabar, baik yang masih berbentuk biji maupun produk olahannya.

Data menunjukkan bahwa dari Januari – April 2024, senilai USD 782.000 produk kopi Jabar sudah diekspor ke berbagai negara di dunia. Nilai tersebut meningkat 11,6 persen dari periode yang sama di tahun 2023.

Sementara USD95 juta produk kakao Jabar sudah diekspor ke berbagai negara. Nilai ekspor kakao tersebut meningkat 59 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Salah satunya ke Negara Filipina, yang termasuk dari lima besar negara tujuan ekspor terbesar Jabar dalam lima tahun terakhir. Ini menandakan bahwa Filipina merupakan pasar potensial bagi produk Jabar.

“Kita harus terus menjaga performa ekspor ke negara tersebut. Salah satunya dengan melakukan diversifikasi produk ekspor Jabar ke Filipina,” kata Sekda Provinsi Jabar, Herman Suryatman dalam pertemuan bisnis (business matching) dengan para pembeli (buyers) dari Filipina, di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa 9 Juli 2024. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

foto : Humas Pemprov Jabar