/Saum Berkualitas  : Jadi Manusia Lebih Bertakwa

Saum Berkualitas  : Jadi Manusia Lebih Bertakwa

Ketua MUI Kota Bandung, Miftah Faridl menerangkan Nabi Muhammad SAW bersabda untuk bergembira dalam menyambut Ramadan.

“Nabi menyampaikan, bergembiralah kalian karena akan bertemu dengan bulan paling berkah. Di saat setiap kebajikan mendapat pahala yang paling besar dibandingkan dengan bulan-bulan sebelum Ramadan,” jelas Miftah di Pendopo Kota Bandung, , Kamis 16 Maret 2023.

Bahkan, dalam hitungannya, pahala beramal di bulan Ramadan akan digandakan sebanyak 70 kali lipat jika dibandingkan dengan ibadah yang sama pada bulan selain Ramadan.

Ia juga menggarisbawahi jika ibadah saum yang dilakukan saat Ramadan bukan hanya berbicara tentang menahan lapar dan haus. Namun, harus menjadi saum yang berkualitas.

“Puasa yang berkualitas itu selain kita melakukan syarat sah puasa untuk mendapatkan pahala, juga mampu menghadirkan perubahan dalam diri kita. Supaya kita menjadi orang yang lebih bertakwa,” paparnya.

Sebab tolak ukur puasa yang berkualitas justru akan terlihat setelah saum berakhir. Ada peningkatan ketakwaan atau tidak dalam diri seorang muslim.

“Di dalamnya ada muatan peningkatan kualitas dan moral. Mencegah perbuatan jahat dan mungkar. Salah satu hasil dari ibadah saum itu adalah jujur karena ini merupakan amalan yang paling sulit,” akunya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung