/Satu Abad, PAF Bandung Helat Pameran Salon Foto Indonesia 2024

Satu Abad, PAF Bandung Helat Pameran Salon Foto Indonesia 2024

Perhimpunan Amatir Foto (PAF) Bandung telah berusia satu abad alias 100 tahun pada 2024 ini, PAF Bandung didirikan pada tahun 1924 di Kota Bandung dengan nama Preanger Amateur Fotograafen Vereeniging (PAF) pada tanggal 15 Februari 1924.

Pendirian PAF ini diprakarsai beberapa tokoh, antara lain Guru Besar dari Technische Hogeschool (THS) (ITB sekarang) Prof. C.P. Wolff Schoemaker dengan Prof. Schermerhorn.

Pada perayaan satu abad, PAF Bandung menggelar pameran foto pemenang Salon Foto Indonesia 2024 di Bandung. Pameran digelar mulai Jumat (12/7/2024) sampai dengan Minggu (14/7/2024) di Union Square Cihampelas Walk (Ciwalk), Kota Bandung.

”Pameran di ruang terbuka ini pun merupakan kali pertama dilakukan sepanjang sejarah penyelenggaraan pameran Salon Foto Indonesia,” ucap Ketua PAF Soewignyo Koesnadi dalam siaran pers yang diterima Golali.id, Rabu 10 Juli 2024.

Untuk diketahui, Lomba Salon Foto Indonesia ini merupakan ajang tahunan seiring dengan pendirian Federasi Perkumpulan Seni Foto Indonesia (FPSI) sejak tahun 1973.

FPSI diinisiasi PAF Bandung, yang dimulai awal tahun 1970 digagas Federasi Fotografi Indonesia, agar terdaftar di FIAP (International Federation of Photographic Art (FIAP) Fédération Internationale de l’Art Photographique. Organisasi dunia yang membawahi federasi fotografi tiap negara di dunia khususnya Salon Foto.

Saat itu FIAP tengah membuka pendaftaran baru bagi perwakilan berbagai negara di dunia. Indonesia belum terdaftar sebagai angggota FIAP. Saat itu untuk memperoleh gelar distingsi FIAP, fototografer Indonesia harus menumpang pada federasi fotografi negara lain.

Kongres FIAP pada bulan Juni 1972 di Eindhoven Belanda, Indonesia diterima secara resmi sebagai anggota FIAP dengan Persatuan Amatir Foto sebagai Sekretariat Bersama, hingga federasi foto Indonesia terbentuk. PAF pun dikenai kewajiban membayar iuran keanggotaan FIAP sebesar US $ 30 per tahun.

Pada tahun 1973, 8 perwakilan klub foto di Indonesia yakni Lembaga Foto Candra Naya (LFCN), Himpunan Seni Foto Amatir (HISFA) Jogjakarta, Foto Association Djakarta-Raya (FADJAR), Ikatan Fotoseni Situbondo (IFOSS), Foto Club Surakarta (FOCUS), Perkumpulan SeniFoto Surabaya (PSS), Sukabumi Foto Club (SUFOC), dan Tjendrawasih Foto Agency berkumpul di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Mereka menggelar kongres dan menyepakati pendirian federasi. Maka pada tanggal 30 Desember 1973 terbentuklah federasi perkumpulan foto tingkat nasional yang diberi nama Federasi Perkumpulan Seni Foto Indonesia (FPSI) atau Federation of Photographic Societies of Indonesia. Ketua FPSI pertama dijabat R.M. Soelarko (Ketua PAF saat itu), dengan Wakil Ketua A Moehammad (LFSN) dan Menteri Luar Negeri saa itu Adam Malik, sebagai pelindung federasi. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Humas Pemkot Bandung