/Rujak Cingur Adalah

Rujak Cingur Adalah

Rujak Cingur adalah salah satu kuliner khas Jawa Timur khususnya Surabaya yang terbuat dari campuran
sayuran, buah-buahan, tempe dan tahu goreng, cingur sapi, dan dibumbui dengan campuran petis dan kacang tanah yang dihaluskan ditambah cabai rawit dan rempah lainnya.

Seperti diketahui cingur adalah bagian moncong sapi. Dalam pembuatan rujak cingur, cingur tersebut direbus terlebih dahulu dibumbui dan digoreng, kemudian dipotong-potong.

Sedangkan sayuran yang biasa digunakan dalam pembuatan rujak cingur yaitu kacang panjang dan kangkung rebus, tauge, dan mentimun. Untuk buah-buahan biasanya menggunakan nanas dan bengkuang.

Sajian rujak cingur biasanya dilengkapi dengan potongan lontong dan rempeyek. Rujak cingur memiliki cita rasa yang unik, antara perpaduan cingur yang agak gurih dengan tekstur yang kenyal, ditambah segarnya potongan buah-buahan dan sayuran, dibumbui dengan cita rasa kacang tanah dan petis.

Rujak cingur menjadi kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Surabaya. Selain di Surabaya, rujak cingur pun banyak dijual di berbagai daerah yang ada di Indonesia seperti Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. (Yatni Setianingsih/Golali.id)