/RSPTN Unpad Ditargetkan Jadi Rujukan 34 Rumah Sakit di Jabar
Unpad Jatinangor

RSPTN Unpad Ditargetkan Jadi Rujukan 34 Rumah Sakit di Jabar

Ketua Tim Pengembangan RSPTN Unpad Prof. Ace Tatang Hidayat menerangkan RSPTN Unpad berada di lingkungan strategis. Berlokasi di antara Jalan Raya Provinsi Bandung-Sumedang dan gerbang tol Cisumdawu di Jatinangor Kabupaten Bandung, RSPTN Unpad dapat menjadi rumah sakit rujukan bagi 34 rumah sakit di wilayah Kabupaten Bandung, Garut, Cirebon, hingga Tasikmalaya.

“Ini akan mengurai kepadatan rujukan di RSHS,” kata Prof. Ace seperti dikutip Golali.id dari website Unpad.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Kang Emil mengatakan melalui Pemprov Jabar akan memberikan hibah untuk mendukung pembangunan RSPTN.

“Secepatnya kita akan rapatkan dengan Bappeda terkait angka dan jadwal,” kata Emil saat menggelar pertemuan dengan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti beserta Tim Pengembangan RSPTN Unpad di Gedung Pakuan, Bandung, Rabu 27 Juli 2022.

Kang Emil mengatakan, selain berencana memberikan hibah, ia pun mengusulkan pembangunan RSPTN ini menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) secara penuh.

Untuk itu, Kang Emil berencana untuk bertemu dengan para calon investor untuk mendukung pembangunan RSPTN Unpad dengan skema KPBU.

Kang Emil optimistis, banyak calon investor yang tertarik untuk menjalin kerja sama KPBU untuk membangun rumah sakit tipe B ini.

“Kenapa saya optimistis, karena saya sudah tanya ke perbankan, bisnis saat ini yang paling disukai adalah rumah sakit. Karena itu, kita bisa usulkan 100 persen KPBU sehingga bisa bangun lebih cepat,” tutur Kang Emil. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Baca juga :  Jadwal Acara Hari Keluarga Nasional Kota Bandung