/Resensi Novel Brownies

Resensi Novel Brownies

Novel Brownies yang ditulis Fira Basuki, menceritakan tentang Mel, yang sejak kecil sangat menyukai Brownies, hingga mulai mencoba membuatnya pada saat duduk dibangku SMP.

Tetapi sayangnya hingga Mel dewasa dan berkarir sebagai Creative Director pada sebuah kantor Advertising, Brownies buatannya tak pernah memiliki rasa sempurna bahkan cenderung gagal.

Namun hal itu tak pernah menyurutkan Mel untuk membuat Brownies dan selalu mencoba resep Brownies dari toko kue yang Mel beli, baik itu meminta resepnya langsung maupun menerka-menerka.

“Brownies…melulu! Di tengah kerja, ia memang konsentrasi, tapi si Brownies tetap hadir, selalu dibawa ke rekan-rekan kerja untuk dicicipi. Entah kenapa ia memilih Brownies. Dan entah kenapa ia penasaran pada Brownies.” (Halaman 14-15)

Kisah yang menjadi benang merah dalam Novel Brownies ini, kisah Mel bertemu dengan belahan jiwanya yang memiliki keterkaitan dengan Brownies.

Ya, Mel telah bertunangan dengan Joe yang playboy, ketika hampir menikah Joe tertangkap basah oleh Mel berselingkuh. Mel, merasakan hidupnya sepahit potongan Brownies buatannya yang selalu pahit, kendati Mel merasa telah membuat Brownies sesuai dengan takaran dalam resep.

Mel akhirnya dipertemukan oleh sahabatnya Didi dan Lilo dengan Are, pria yang jago membuat Brownies.

Mel yang masih terluka karena Joe, mulai penasaran dengan resep Brownies yang dibuat Are.

“…Jadi, buatlah Brownies untuk dinikmati orang lain. Itu saja kuncinya. Itu resepnya.” (Halaman 120)

Novel Brownies diadaptasi dari film bioskop Brownies, yang tayang pada Desember 2004. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : ilustrasi Brownies

Identitas Buku

Judul Novel : Brownies

Penulis : Fira Basuki

Penerbit : Gagas Media, Jakarta

Tahun Terbit : November 2004