/Resensi Novel Aruna dan Lidahnya, Antara Kuliner dan Investigasi

Resensi Novel Aruna dan Lidahnya, Antara Kuliner dan Investigasi

Novel Aruna dan Lidahnya, yang ditulis Laksmi Pamuntjak menyuguhkan 2 kisah besar yaitu kisah pekerjaan Aruna, sebagai seorang Epidemiologist (Ahli Wabah) spesialisasi Flu Unggas dan penghobi menikmati kuliner di berbagai tempat.

Terkait pekerjaan Aruna, sebagai Epidemiologist dihadapkan untuk mengivestigasi kasus flu burung yang kembali terjadi di beberapa daerah, namun ada berbagai kejanggalan karena sudah beberapa waktu ini penyakit yang disebabkan virus ini, tidak terdeteksi lagi. Namun kasus ini kembali ada dan kurang dari hitungan jari, di saat kembali ramenya produksi vaksin flu burung untuk manusia.

“Semua ahli wabah tahu bahwa vaksin yang dibutuhkan adalah vaksin buat unggas, bukan buat manusia. Maka aku marah tiap kali aku ingat orang-orang yang mendorong-dorong pembangunan pabrik vaksin untuk manusia,” (Halaman 33)

Di sela-sela tugasnya melakukan investigasi ini, Aruna melakukan penjelajahan kuliner bersama teman-temannya yaitu Bono seorang Chef dan dan Nadezhda Azhari sebagai penulis spesialisasi perjalanan dan makanan.

Apakah yang Aruna temukan dalam 2 penjelajahannya ini, tentang dugaannya kasus terselubung di balik investigasi kasus flu burung. Juga pencarian rasa dari kesukaannya makan. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : istimewa

Judul Buku : Aruna dan Lidahnya

Penulis : Laksmi Pamunjtak

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan : Ketiga, Agustus 2018