/Resensi Buku Seri Tempo: Jalan Pos Daendels

Resensi Buku Seri Tempo: Jalan Pos Daendels

Buku Seri Tempo: Jalan Pos Daendels menjelaskan tentang kondisi dari Jalan Raya Pos sampai tahun 2017. Jalan Raya Pos ini dibangun Gubernur Jendral Hindia Belanda HW Daendels, selama satu tahun yakni pada tahun 1808 – 1809.

“Buku Seri Tempo ini diangkat dari liputan khusus Majalah Tempo edisi 25-31 Mei 2015, sajian Seri Buku Tempo ini memperingati dimulainya etape pertama pembuatan Jalan Daendels dari Buitenzorg (Bogor) menuju Cirebon melalui Karangsambung, yang dilaksnakan pada 5 Mei 1808. Etape berjarak 250 kilometer itu salah satu medan terberat karena harus menembus perbukitan, memotong lereng gunung, dan memangkas cadas. Laporan ini berupa tentang kondisi Jalan Ray Pos di masa kini,” (Halaman 5)

Jalan yang dibangun Daendels dari Anyer hingga Panarukan, diyakini tidak semuanya baru tetapi sebagian telah ada sebelumnya.

“Jalan itu sendiri sesungguhnya tidak semua baru. Daendels memanfaatkan jalan-jalan pedesaan yang sudah terbentang di sepanjang Jawa. Daendels diperkirakan menggunakan jalan yang dilalui Sultan Agung ketika menyerang Batavia, 1628 – 1629,” (Halaman 4)

Berbagai bukti peninggalan dari pembangunan Jalan Daendels yang masih dapat ditemukan, salah satunya kantor pos.

“Jalan militer Daendels itu kemudian bernama De Grote Postweg, karena Daendels mendirikan 50 stasiun pos antara Batavia dan Surabaya untuk mempercepat komunikasi dengan aparatnya (Halaman 5)

Dalam Buku Seri Tempo: Jalan Pos Daendels, terdapat kisah tentang siapa sebenenarnya Daendels, yang lahir dan besar di Belanda, tetapi tunduk kepada Prancis. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : istimewa

Judul Buku : Seri Tempo: Jalan Pos Daendels
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Terbit : Cetakan Pertama, 2017
Penulis : Redaksi Tempo
Tebal : viii + 128 Halaman