/Resensi Buku Seni Memahami Perasaan Anak

Resensi Buku Seni Memahami Perasaan Anak

Buku Seni Memahami Perasaan Anak mengupas tentang bagaimana cara orangtua bersikap kepada anak, sehingga menjadikan anak tumbuh menjadi pribadi yang tidak meninggalkan luka batin saat menjadi dewasa.

Buku yang ditulis Park Jae Yeon dengan judul asli Mom`s Talking Practice ini, terdiri dari 2 Bab yang terbagi dalam beberapa bagian tiap Babnya.

Pada Bab I membahas tentang bagaimana ibu sebagai tokoh utama yang begitu dekat dengan anak, mereka bersikap kepada diri sendiri. Sehingga memunculkan rasa sayang yang sempurna kepada anak sebagai buah hati. Pasalnya, jika ibu tidak mengenal dirinya sendiri, maka akan sulit memahami anak.

“Aku membuat begitu banyak kesalahan kepada anakku (orang yang paling berharga bagiku) karena aku tumbuh sebagai orang dewasa yang mencoba menutupi luka masa kecilku dengan berbohong dan pura-pura mencintai orangtuaku. Aku tak bisa mengendalikan emosi, sehingga mengeluarkan ucapan dan perilaku yang tidak konsisten kepada anak. Hal seperti ini akan sulit diterima oleh anak yang membutuhkan kestabilan emosi,” (Halaman 34)

Dalam Bab II menjabarkan bagaimana orangtua berempati dengan kondisi anak. Mulai dari menanamkan sikap jujur, bersikap kepada orang lain, dan keinginan anak.

“Saat melihat anak kita ditolak dalam pertemanan, kita tak boleh menunjukkkan seakan kita yang ditolak. Jika semasa kecil kita pernah mengalami kesulitan dalam berteman, kita pasti  akan lebih sakit hati melihat kesulitannya.

Namun, penting untung diingat bahwa anak kita harus bisa melalui berbagai kesulitan. Karena itu, kita perlu mengajari mereka bagaimana mengendalikan emosi dan mengartikan situasi dengan benar,” (Halaman 225)

Buku ini sangat penting untuk dibaca, tidak hanya bagi orangtua tetapi siapapun yang berkaitan dengan anak-anak yang dalam masa pembentukan psikologi. (Yatni Setianingsih/Golali.id)  

Judul Buku               : Seni Memahami Perasaan Anak

Penulis                      : Park Jae Yeon

Penerjemah              : Putri Permatasari  

Tebal                          :  xiv + 290 halaman

Penerbit                    : Kepustakaan Populer Gramedia

Cetakan                     : Kedua, September 2022

ISBN   Cetak             : 978 – 602 – 481 – 691 -9

ISBN Digital               : 978 – 602 – 481 – 692 – 6