/Resensi Buku Profil Etnik Jakarta, Mengenal Jakarta dari Penduduknya
Buku Profil Etnik Jakarta

Resensi Buku Profil Etnik Jakarta, Mengenal Jakarta dari Penduduknya

Judul Buku                                          : Profil Etnik Jakarta

Penulis                                                  : Lance Castles

Penerjemah                                       : Gatot Triwira

Cetakan                                                : II, 2017

Penerbit                                               : Masup Jakarta

Tebal                                                     : xxxii + 112 halaman

ISBN                                                       : 978-979-25-7294-0

Buku berjudul Profil Etnik Jakarta yang ditulis Lance Castles menjelaskan tentang keragaman etnis yang ada di Jakarta, setelah kemerdekaan sekitar tahun 1960an.

Lance Castles mengambil data berdasarkan hasil dari sensus pada tahun 1930, yang mencantumkan jumlah penduduk berdasarkan kategori etnis.

Untuk itu, Lance Castles menggunakan asumsi dari data sensus tersebut, bahwa warga yang ada di Jakarta pada tahun 1960-an, merupakan sisa atau keturunan dari populasi tahun 1930 atau penduduk pendatang sejak tahun 1930 atau para keturunannya.

Kehadiran beragam etnis di Jakarta ini, tidak terlepas dari VOC, yang membawa penduduk dari luar Batavia.Tujuannya untuk mengembangkan VOC, sebagai suatu perusahaan dagang. Mereka berasal dari wilayah Asia Selatan.

Mulai dari pantai Coromandel, Malabar, Bengal, dan Arakan di Burma.Secara bertahap Kepulauan Nusantara antara lain Sumbawa, Sumba, Flores, Timor, Nias, Kalimantan, bahkan sampai Pampanga di Luzon (yang disebut orang Papanger).

Adapula dari Bali dan Sulawesi Selatan. Termasuk orang-orang Tionghoa, Moor (orang muslim dari India Selatan), Melayu, Bali, Bugis, dan Ambon yang tidak ada kaitannya dalam menjalankan usaha VOC (Halaman 7-8).

Setelah VOC pailit, banyak di antara penduduk dari etnis tertentu yang telah masuk ke Batavia menghilang, tetapi adapula penduduk dari etnis lain yang sengaja datang ke daerah ini. (*/Golali.id)