/Resensi Buku Napak Tilas Jalan Daendels

Resensi Buku Napak Tilas Jalan Daendels

Buku Napak Tilas Jalan Daendels ditulis Angga Indrawan, yang membeberkan tentang perjalanan penulis menelusuri Jalan Raya Pos, yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda saat dipimpin Gubernur Jendral HW Daendels pada tahun 1808. Jalan Daendels yang dikenal dengan Jalan Raya Pos ini, membentang dari ujung Barat hingga ujung Timur Pulau Jawa yang memiliki panjang sekitar 1.000 kilometer.

Sumber tulisan dalam Buku Napak Tilas Jalan Daendels ini tak hanya hasil penelusuran langsung lapangan dari penulis, Buku Napak Tilas Jalan Daendels ini pun bersumber dari buku-buku tentang Jalan Daendels dan wawancara dengan berbagai pihak terkait sejarah Jalan Daendels.

Dalam Buku Napak Tilas Jalan Daendels ini, pembaca akan menemukan perbandingan dari Jalan Raya Pos dalam masa pembangunan dengan kondisi saat ini.

“Rute Jalan Raya Pos membentang ke Batavia melalui Grogol, Jalan Gajah Mada hingga sampai di Batavia. Batavia yang dimaksud saat ini dikenal dengan kawasan Kota Tua Jakarta,” (Halaman 27)

“Melebar jauh sekitar 30 kilometer ke Selatan dari Batavia, sampailah di Jatinegara. Kawasan ini merupakan wilayah kekuasaan Daendels lantaran sang gubernur sempat membangun benteng pertahanan,” (Halaman 28)

Dalam Buku Napak Tilas Jalan Daendels pun, pembaca dapat mengenal sosok Daendels yang sering juga disebut dengan nama Mas Galak. Pasalnya terdapat bagian khusus dalam buku yang menjabarkan perjalanan hidup hingga kematian Daendels. Termasuk kisah cintanya.

Selain itu, pembaca pun disuguhi berbagai kuliner yang dapat ditemukan di Jalan Daendels di masa kini.

Buku Napak Tilas Jalan Daendels terdiri dari 11 bagian yaitu :

= Nol Kilometer
= Meester Cornelis
= Istana Ke Istana
= Gerbang Priangan
= Sejarah Di Perbatasan
= Poros Tengah Pulau Jawa
= Menuju Kota Para Wali
= Dari Daendels Ke ‘Dendles”
= Mengintip Titik Akhir
= Terpesona Penarukan
= Ada Daendels Di Jalur Selatan

(Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : istimewa

Judul Buku : Napak Tilas Jalan Daendels

Penulis : Angga Indrawan

Penerbit : Buku Republika

Terbit : 2017

Tebal : viii + 207 Halaman