/Resensi Buku Makanan Tradisional Indonesia Seri 1

Resensi Buku Makanan Tradisional Indonesia Seri 1

Buku : Makanan Tradisional Indonesia Seri 1 : Kelompok Makananan Fermentasi dan Makanan yang Populer di Masyarakat menjabarkan tentang berbagai makanan tradisional Indonesia yang diproduksi melalui proses fermentasi, selain itu buku ini pun mengangkat berbagai makanan tradisional yang masih populer di Indonesia.

“Makanan tradisional di Indonesia sangat banyak macamnya, berdasarkan tingkat eksistensinya dalam masyarakat hingga saat ini, makanan tradisional ini dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu :

1) Makanan tradisional yang hampir punah

2) Makanan tradisional yang kurang populer

3) Makanan tradisional yang populer (tetap eksis),

Adapun berdasarkan proses pembuatannya, bahan dasar yang digunakan, atau manfaat khas yang diperoleh oleh penggemarnya, makanan tradisional dapat dikelompokkan menjadi :

1) Makanan tradisional kelompok fermentasi yang diproses dengan cara tertentu seperti kecap, tauco, tempe, dan lain-lain.
2) Makanan tradisional yang memberikan rasa segar seperti rujak, lotis, pecel, gudangan, dan lain-lain
3) Kelompok minuman tradisional berbasis rempah seperti wedang uwuh, wedang jahe, wedang sereh, dan lain-lain
4) Minuman tradisional berbasis non-rempah seperti kelapa muda, cincau, bajigur, dan lain-lain
5) Minuman tradisional yang berkhasiat bagi kesehatan (jamu)
6) Makanan tradisional yang merupakan tradisi terkait keagamaan seperti ketan, kolak, apem, lontong komplet, jenang manggul, dan lain sebagainya.
7) Makanan tradisional terkait upacara adat atau budaya seperti nasi golong, nasi gurih, dan lain sebagainya
8) Kelompok makanan tradisional yang digunakan dalam perjamuan seperti berbagai kue dan kudapan yang disajikan dalam bentuk suguhan
9) Makanan-makanan tradisional lain yang tidak masuk kelompok-kelompok tersebut,” (Halaman 2 – 3)

Dalam Buku : Makanan Tradisional Indonesia Seri 1 : Kelompok Makananan Fermentasi dan Makanan yang Populer di Masyarakat, dijelaskan proses produksi dari makanan yang dibuat dengan cara fermentasi terbuat dari bahan nabati, manfaat dari sisi kesehatan dari makanan hasil fermentasi tersebut antara lain tempe, kecap, gathot, tape, brem, tempoyak, cabuk, asinan, oncom, growol, semayi, dan tauco.

Buku : Makanan Tradisional Indonesia Seri 1 : Kelompok Makananan Fermentasi dan Makanan yang Populer di Masyarakat menerangkan pula berbagai produk makanan hasil fermentasi, yang berbahan hewani seperti dadih, bekasam, dan terasi atau belacan.

Untuk pembahasan tentang makanan tradisional yang populer di masyarakat, Buku : Makanan Tradisional Indonesia Seri 1 : Kelompok Makananan Fermentasi dan Makanan yang Populer di Masyarakat mengupas sate dan soto dari mulai sejarah sampai kandungan gizi pada kedua makanan tersebut. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Judul Buku : Makanan Tradisional Indonesia Seri 1 : Kelompok Makananan Fermentasi dan Makanan yang Populer di Masyarakat

Penulis : Eni Harmayani, Umar Santoso, dan Murdijati Gardjito

Penerbit : Gajah Mada University Press

Tebal : 270 Halaman

foto : istimewa