/Resensi Buku Integrated Marketing Communication (IMC) that Sells

Resensi Buku Integrated Marketing Communication (IMC) that Sells

Buku Integrated Marketing Communication (IMC) that Sells yang ditulis pendiri perusahaan advertising legendaris Dwi Sapta, A. Adji Watono dan Maya C.Watono, mengupas tentang prinsip-prinsip dari Dwi Sapta dalam membesarkan berbagai perusahaan melalui iklan.

Contoh klien yang pernah ditangani Dwi Sapta yaitu Adem Sari, Dua Kelinci, Telon Lang, Top 1, Fatigon, Mixagrip, Sasa, dan Tolak Angin yang brandnya mampu menempati benak khalayak.

Prinsip-prinsip yang digunakan Dwi Sapta dalam membangun dan mengembangkan strategi komunikasi yang terintegrasi (Integrated Marketing Communication: IMC) terdiri dari Discover, Intent, dan Strategy.

Discover memuat elemen-elemen yang diarahkan untuk mengeksplorasi lingkungan eksternal (pasar, konsumen, dan pesaing) maupun lingkungan internal (di dalam produk/merek) dalam rangka menemukan insight-insight pengembangan merek.

Selanjutnya Intent, di sini akan menemukan masalah (problem) dan keuntungan (advantage) yang muncul setelah melakukan analisa terhadap lingkungan eksternal maupun internal.

Berdasarkan identifikasi masalah dan peluang, akan menentukan tujuan dan arah dari pengembangan komunikasi pemasaran yang akan dilakukan terhadap sebuah merek.

Sementara strategy, berkaitan dengan langkah-langkah penyusunan strategi dan taktik merek untuk memenangkan persaingan pasar.

Setelah tujuan dan arah pengembangan merek dirumuskan, maka penyusunan strategi, taktik, dan program dilakukan untuk bisa merealisasikan tujuan dan arah tersebut. Kemudian melakukan eksekusi di lapangan dan akan dievaluasi secara terus-menerus, sampai tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Judul Buku                  : Integrated Marketing Communication (IMC) that Sells

Penulis                         : A. Adji Watono dan Maya C.Watono

Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2011

Jumlah halaman          : 310 halaman

ISBN                           :978-979-22-7674-9

Baca juga :  Begini Alasan Pemkot Bandung Bongkar JPO Asia Afrika