/Resensi Buku Ekspedisi Anjer-Panaroekan

Resensi Buku Ekspedisi Anjer-Panaroekan

Buku Ekspedisi Anjer-Panaroekan : Laporan Jurnalistik Kompas 200 Tahun Anjer-Panaroekan, Jalan (untuk) Perubahan, merupakan hasil karya jurnalistik dari tim redaksi Kompas tentang perjalanan para jurnalis Kompas menyusuri jalan peninggalan Gubernur Jendral Hindia Belanda HW Daendels, yang dibangun pada tahun 1808 – 1809 dari ujung barat Pulau Jawa (Anjer) sampai ujung timur Pulau Jawa (Panaroekan).

“Di tahun 2008, tepatnya di bulan Agustus, suatu perjalanan jurnalistik kembali diadakan dengan mengambil tema 200 tahun Jalan Pos yang dirintis jauh sebelum negara kita terbentuk, sehingga dinamai Ekspedisi 200 Tahun Anjer Panaroekan,” (Halaman ix)

Dalam buku Ekspedisi Anjer-Panaroekan, diterangkan tentang sejarah, rute, latar belakang hadirnya Jalan Raya Pos atau Jalan Daendels, juga sekilas siapa itu Daendels.

Buku Ekspedisi Anjer-Panaroekan memotret kondisi 200 tahun setelah Jalan Raya Pos atau Jalan Daendels ini dibangun. salah satunya di kawasan Bogor, sebagai salah satu rute dari Jalan Daendels.

“Sejak tahun 1745, dan terutama ketika Bogor berkembang pesat setelah diambil alih Gubernur Jendral Hindia Belanda Willem Daendels tahun 1808, tanah Buitenzorg atau Kota Bogor terkenal sebagai tempat bersantai yang dikelilingi perkebunan kopi dan teh. Namun, Bogor kini adalah kota padat penduduk dengan lalu lintas semrawut atau perbukitan makin gundul karena diganti “hutan vila” yang daya dukung lingkungan makin terpangkas,” (Halaman 100)

“Pemandangan pertama yang menyambut Tim Ekspedisi Kompas 200 Tahun Anjer – Panaroekan saat menyusuri Kota Bogor adalah kemacetan di jalan utama antara Terminal Barangsiang dan Kebun Raya Bogor. Hampir di setiap perempatan lampu merah disesaki angkutan umum,” (Halaman 100)

Buku ini tak hanya dijejali laporan penulusan kondisi Jalan Daendels di masa kini, tetapi juga berisi hasil wawancara dengan berbagai narasumber terkait keadaan Jalan Raya Pos.

(Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : istimewa

Judul Buku : Ekspedisi Anjer-Panaroekan : Laporan Jurnalistik Kompas 200 Tahun Anjer-Panaroekan, Jalan (untuk) Perubahan

Penulis : Tim Ekspedisi Kompas 200 Tahun Anjer-Panaroekan

Penerbit : Penerbit Buku Kompas

Tebal : xviii + 446 Halaman