/Rengginang Adalah

Rengginang Adalah

Rengginang atau ranginang adalah kuliner tradisional khas Sunda, yang terbuat dari beras ketan. Rengginang memiliki rasa asin yang pas.

Umum rengginang terdiri dari 3 warna :

1.Rengginang putih menggunakan bahan baku beras ketan putih

2.Rengginang hitam menggunakan bahan baku beras ketan hitam

3.Rengginang merah menggunakan bahan baku beras ketan putih ditambah dengan terasi.

Rengginang adalah makan ringan yang biasanya dijadikan cemilan saat santai, suguhan kepada tamu, oleh-oleh, dan juga makanan yang disajikan dalam berbagai acara seperti perayaan Idul Fitri, resepsi atau hajatan pernikahan, sunatan, ataupun syukuran.

Di beberapa perkampungan di Jawa Barat, masih bisa menemukan masyarakat yang membuat rengginang. Baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk dijual sebagai oleh-oleh. Rengginang banyak dijual di pasar tradisional dan toko oleh-oleh di kawasan Bandung Raya.

Cara membuat rengginang terbilang cukup panjang dan rumit. Beras ketan direndam selama satu malam, cuci sampai bersih, kukus, setelah itu campur dengan garam (tambah terasi jika ingin rengginang merah dengan rasa terasi), dan kukus kembali.

Setelah matang lalu bentuk bulat pipih dan jemur di panas matahari setelah semuanya kering, goreng dalam minyak panas.Rengginang siap untuk dinikmati. (*/Golali.id)