/Rendang itu Apa ?

Rendang itu Apa ?

Rendang atau randang adalah salah satu makanan berbahan daging yang dibumbui dengan berbagai rempah, juga santan kelapa dimasak hingga kuahnya habis. Rendang termasuk salah satu makanan yang berasal dari kuliner Minangkabau di Provinsi Sumater Barat (Sumbar).

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rendang adalah daging yang digulai dengan santan sampai kuahnya kering sama sekali, yang tinggal hanyalah potongan daging dengan bumbunya.

Rendang biasanya menggunakan daging kerbau atau sapi, tetapi dalam perkembangannya ada yang menggunakan daging ayam hingga ikan untuk membuat bahan utama rendang.

Daging rendang biasanya berbentuk kotak dadu, berwarna kecokelatan hingga kehitaman. Memiliki citara yang gurih dan pedas.

Rendang terdiri dari 2 jenis yaitu :

= Rendang basah hanya tahan dalam seminggu selama terus menerus dihangatkan. Rendang basah disebut juga dengan nama kalio.

= Rendang kering tahan hingga satu bulan bahkan lebih disimpan di wadah yang kedap udara.

Rendang biasanya disantap untuk teman makan nasi. Untuk saat ini rendang tidak hanya dapat ditemukan di daerah asalnya, tetapi hadir diberbagai daerah yang menjadi menu rumah makan Padang seperti di Bandung Raya. Selain itu melalui inovasi, rendang pun dijual dalam bentuk kalengan, yang mudah dibawa kemana-mana. (Yatni Setianingsih/Golali.id)