/Rekomendasi Kue Kering Tradisional untuk Lebaran

Rekomendasi Kue Kering Tradisional untuk Lebaran

Kue kering atau cookies (kukis) tidak hanya terkenal dalam kuliner barat, dalam khazanah kuliner tradisional Indonesia pun terdapat beragam jenis kue kering yang bisa dipilih untuk hidangan lebaran.

Berikut rekomendasi kue kering tradisional Indonesia untuk hidangan lebaran :

1.Sagon bakar

Sagon bakar adalah salah satu cookies atau kue kering khas Sunda, terbuat dari campuran tepung beras ketan, santan kelapa, kelapa parut, gula putih,dan garam.
Sagon memiliki rasa gurih khas kelapa dan manis.

2.Kue Seroja atau kembang goyang

Kue seroja adalah kue kering tradisional khas Sunda, sementara dalam kuliner Betawi disebut kue kembang goyang.

Kue saroja berbentuk seperti bunga seroja atau teratai, kue saroja atau kembang goyang terbuat dari adonan tepung beras adapula yang memakai tepung terigu, yang dimasak dengan cara digoreng dalam minyak kelapa atau minyak sawit yang banyak.

Untuk rasa kue saroja atau kembang goyang tergantung campuran adonan tepung beras atau tepung terigu memakai gula atau garam. Kue saroja terdiri dari rasa manis, gurih, dan asin.

Kue seroja atau kembang goyang bertekstur renyah, garing, dan berukuran tipis. Kue seroja berwarna kuning kecokelatan.

3.Kue akar kelapa

Kue akar kelapa adalah kue kering tradisional khas Betawi, yang terbuat dari bahan utama tepung beras ataupun tepung terigu.

Kue akar kelapa berbentuk seperti akar kelapa. Kue akar kelapa dimasak dengan cara digoreng dalam minyak kelapa atau minyak sawit yang banyak. Kue akar kelapa bertekstur renyah dan garing dengan warna kuning kecokelatan. Kue akar kelapa memiliki rasa manis.

4.Kue telor gabus

Kue telor gabus atau kue telur gabus adalah kue kering khas Betawi, yang terbuat dari tepung tapioka. Kue telur gabus memiliki cita rasa gurih asin.

Kue telur gabus dimasak dengan cara digoreng dalam minyak kelapa atau sawit yang banyak.

Kue telur gabus berbentuk seperti telur ikan gabus yang agak panjang dan berwarna kekuningan. Kue telur gabus bertekstur renyah dan garing.

5.Kue Semprong

Kue semprong adalah kue kering khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, bisa juga tepung terigu yang dimasak dengan cara dipanggang dalam cetakan khusus.

Kue semprong memiliki rasa yang manis bertesktur garing dan renyah. Kue semprong berbentuk semprong seperti yang digunakan untuk menutup lampu tempel yang digunakan di Indonesia sebelum aliran listrik masuk ke berbagai daerah. Sederhananya semprong berbentuk pipa pendek.

Kue semprong memiliki tekstur yang garing, memiliki rasa manis, dan berwarna kuning kecokelatan. (Yatni Setianingsih/Golali.id)