/Rehat Sejenak di Alun-alun Garut yang Eksotis

Rehat Sejenak di Alun-alun Garut yang Eksotis

Garut, memiliki banyak objek wisata yang dapat dipilih untuk merelaksasi pikiran di tengah kesibukan yang padat. Salah satunya Alun-alun Garut yang berada di Jalan Ahmad Yani yang berada di pusat Kabupaten Garut.

Untuk mempercantik Alun-alun Garut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan revitalisasi Alun-alun Garut yang resmi kembali digunakan pada Minggu 23 Januari 2022.

Pengerjaan Alun-alun Garut memakan waktu hingga 150 hari kerja yang dikerjakan PT Tridaya Putra Bungsu, salah satu perusahaan penyedia jasa dan konstruksi lokal dari Garut.

“Dari saya pribadi desain dan lain sebagainya, mudah-mudahan ini dimanfaatkan dengan baik, apalagi lokasinya sangat bersejarah ada Pendopo, Masjid Agung, sehingga kegiatannya tentu yang kreatif dan maslahat,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meresmikan Alun-alun Garut, dikutip dari rilis HUMAS PEMPROV JABAR.  

Fasilitas ini diharapkan bisa menjadi ikon baru kota dodol. Apalagi menurut kang Emil sapaan Ridwan Kamil, di alun-alun tersebut akan ada museum napak tilas Bupati Garut dari masa ke masa.

“Di sini dibangun panggung, ada tempat duduk, di bawahnya nanti ada museum terkait Bupati Garut dari masa ke masa,” imbuhnya.

Wajah baru dari alun-alun Garut ini memiliki 10 fasilitas penunjang di antaranya tribun dan selasar, toilet dan perpustakaan, plaza hall alun-alun, gerbang, amphitheater, tempat bermain, tugu di empat sudut, trotoar, area tempat duduk, dan area babancong.

Sementara itu Bupati Garut Rudy Gunawan menyebut peresmian alun-alun ini merupakan peristiwa bersejarah melengkapi bentuk kasih sayang Pemda Provinsi Jabar kepada warga Garut.

“Ini adalah satu monumen yang akan dikenang dan berhadapan dengan Pendopo juga Masjid Agung. Ini bentuk kanyaah untuk masyarakat Garut,” ucap Rudy. (*/Golali.id)

Baca juga :  Lokasi dan Jadwal Jambore Nasional ke-11

Foto : Humas Pemprov Jabar