/Proses Lahirnya Lagu Satu Cinta Karya Candra Darusman

Proses Lahirnya Lagu Satu Cinta Karya Candra Darusman

Musisi Candra Darusman mengisahkan lahirnya lagu Satu Cinta di awal 1990-an, yang dinyanyikan Ruth Sahanaya pada tahun 1992 dan dinyanyikan ulang Dira pada tahun 2022 ini.

“Melodi dan lirik dibuat secara terpisah. Melodi memang duluan jadi. Saya saat itu memang sejak lama ingin kolab dengan James F. Sundah dalam sebuah lagu. Keinginan yang lama terpendam sejak James menulis Lilin-lilin Kecil dan, masa di mana saya membuat lagu Pemuda. Hingga akhirnya kami berhasil kolab dalam lagu ini dengan Ruth Sahanaya pada vokal. Sekarang, Panji Prasetyo dari Signature Music Indonesia mengusulkan agar berkolaborasi dengan Ricky Lionardi, yang sudah saya lama amati memang bagus-bagus karya aransemen dan orkestrasinya. Ricky sukses merekam orkestrasinya dengan Budapest Scoring Orchestra. Hasilnya, diatas ekspektasi!” terang Candra Darusman dalam rilis yang diterima Golali.id.

Ricky Lionardi mengaku saat diminta bekerja sama mengaransemen Satu Cinta, Ricky Lionardi ingin mengangkat kembali lagu ini dengan aransemen berbeda.

“Lebih tepatnya dengan feel/mood yang totally different, mengarah ke modern jazz yang sesuai dengan konsep album ini,” kata Ricky Lionardy.

 “Melodinya yang kuat akan sangat mudah untuk dikembangkan dan dieksplorasi kemana-mana. Mau dibuat jazz, swing, atau genre apapun, bisa tetap enak didengar dan dinikmati. Harmoni dan ritemnya sangat bisa “dimainkan” & “dibelokan” kemana-mana tapi melodi nya akan tetap jadi “hook”,” ungkap Ricky Lionardy.

Single keempat

Satu Cinta merupakan single ke empat dari album rekaman berjudul “Detik Waktu #2 -Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman”, yang merupakan sebuah album berisi lagu-lagu karya cipta dari Candra Darusman dan merupakan sebuah “sequel” (kelanjutan) dari album yang dirilis sebelumnya di tahun 2018, yakni “Detik Waktu”, yang meraih dua AMI Award, penghargaan tertinggi dalam dunia musik Indonesia pada tahun 2018 sebagai “Album Terbaik Terbaik” dan “Album Pop Terbaik”.

Album “Detik Waktu #2 – Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman” ini akan menampilkan beberapa lagu ciptaan Candra Darusman yang akan direkam oleh beberapa penyanyi dan musisi Indonesia dan direncanakan akan dirilis oleh Signature Music Indonesia dan didistribusikan oleh demajors pada bulan Mei 2022. (*/Golali.id)

Foto : instagram @officialcandradarusman