/Profil Widya N. Firdansyah, Desainer Logo Hari Jadi ke-214 Kota Bandung

Profil Widya N. Firdansyah, Desainer Logo Hari Jadi ke-214 Kota Bandung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menetapkan logo karya Widya N. Firdansyah, untuk logo Hari Jadi ke-214 Kota Bandung. Sebelumnya Pemkot Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, telah menggelar sayembara Desain Logo Hari Jadi ke-214 Kota Bandung sejak 8-21 Mei 2024 lalu. Sebanyak 85 orang, mengikuti sayembara Desain Logo Hari Jadi ke-214 Kota Bandung.

Lantas siapa sosok Widya N. Firdansyah, yang menjadi juara pertama sayembara Desain Logo Hari Jadi ke-214 Kota Bandung ?

Widya N. Firdansyah adalah seorang desainer grafis asal Kopo, Kota Bandung. Widya N. Firdansyah merupakan lulusan jurusan Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB) dan kini bekerja di PT. LEN Industri (Persero) sebagai analis.

Sebelumnya, Widya juga telah memenangkan berbagai perlombaan desain. Di antaranya 1st Winner 50 years Gunung Madu Plantations (2024), 1st Winner Unofficial logo 537 tahun Kabupaten Gresik (2024) dan Top 3 Logo 1.274 tahun Kabupaten Salatiga (2024) serta berbagai penghargaan lainnya.

Ini detail logo Hari Jadi ke-214 Kota Bandung :

Visualisasi logo Hari Jadi ke-214 Kota Bandung karya Widya N. Firdansyah ini secara keseluruhan merupakan representasi nilai tema “Semangat Kolaborasi Wujudkan Kota Bandung Maju Berkelanjutan” yang mencerminkan tekad, motivasi, dan kekuatan yang menginspirasi warga untuk bekerja sama.

Nyala api menjadi visual utama logo merupakan representasi dari semangat Bandung Lautan Api yang terus mengalir ke setiap warga Kota Bandung. Elemen nyala api itu sendiri didesain secara abstrak menyerupai angka “2”, “1”, dan “4” untuk melambangkan HJKB ke-214.

Visual utama logo tidak hanya tampak sebagai api menyala saja, tetapi juga sebagai pohon yang batang dan akarnya tertanam dalam tanah. Elemen daun, ranting, dan pucuk pohon menjadi satu kesatuan yang berkolaborasi dalam mewujudkan pertumbuhan Kota Bandung yang maju dan berkelanjutan.

Penggunaan tiga warna utama kuning, hijau, dan biru dan satu warna biru muda sebagai komplemen merupakan warna yang diambil dari warna identitas Kota Bandung. Empat warna tersebut mewakili 4 (empat) visi kota yaitu Kreatif (biru muda), Agamis (biru tua), Maju (kuning), dan Berkelanjutan (hijau). (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

foto : Humas Pemkot Bandung