/Profil Sawitri Supardi Sadarjoen

Profil Sawitri Supardi Sadarjoen

Guru Besar Emeritus dari Fakultas Psikologi Prof. Dr. Sawitri Supardi Sadarjoen, Psi. Klin., lahir di Jakarta, 20 Maret 1943. Meninggal dunia di Jakarta, Senin 31 Oktober 2022 pukul 13.35 WIB dan dimakamkan di TPU Cikutra, Kota Bandung

Mengutip website Unpad, Sawitri Supardi menyelesaikan pendidikan Sarjana di Fapsi Unpad pada tahun 1961. Bersama 29 rekan-rekannya, ia merupakan mahasiswa angkatan pertama di Fapsi Unpad.

Selain aktif mengajar di Unpad, Prof. Sawitri juga aktif menulis buku dan artikel. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam membagi ilmu pengetahuan dan membantu banyak orang mengatasi berbagai masalah psikologisnya.

Prof. Sawitri Supardi pernah menjadi pengisi tetap rubrik “Konsultasi Psikologi” di harian Kompas. Artikel-artikel yang pernah ditulisnya ini pun dikumpulkan dalam beberapa judul buku terbitan Penerbit Buku Kompas.

Beberapa bukunya antara Pendampingku tak Seperti Dulu Lagi, Pernak-pernik Hubungan Orang Tua-Remaja, Anak Bertingkah Orang Tua Mengekang, dan Jiwa yang Rentan, Pernak-pernik Permasalahan Kepribadian, Kejiwaan, dan Stres.

Prof. Sawitri Supardi sendiri lebih mendalami bidang Psikologi Klinis karena menurutnya, bidang ini langsung berkaitan dengan individu. Bidang ini lebih mendalami tentang keadaam manusia daripada bidang psikologi lain.

Dalam praktiknya, Prof. Sawitri Supardi lebih banyak berkecimpung di dunia Psikologi Kesehatan, untuk membantu pasien-pasien dalam menghadapi proses kesembuhannya. Menurutnya, pasien dengan penyakit parah dan memerlukan proses perawatan yang lama juga memiliki masalah emosional. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : unpad.ac.id