(dok : istimewa)

Riyanto Pratama, Owner Permanence Your Clothes tumbuh dari keluarga sederhana yang mengajarkannya pentingnya merawat apa yang dimiliki. Nilai kehidupan yang tumbuh di lingkungan keluarga itulah yang menjadi fondasi bisnisnya. Apalagi Ryan, sapanya, merasakan beratnya membeli pakaian baru saat kuliah dan lebih memilih jasa pewarna keliling. Namun, upaya mengecat ulang celana dengan jasa pewarna keliling berakhir dengan mengecewakan karena warnanya masih cepat memudar.

“Awalnya ide itu hanya sebatas wacana belaka. Namun seiring kondisi yang mendesak akan pekerjaan dan pandemi, saat itulah saya kembali pada impian lama: yakni menciptakan produk yang dapat memperluas usia pakaian secara estetik dan fungsional. Saya mulai penelitian dan eksperimen sendiri. Gagal, jatuh bangun, tapi tidak lemah. Usia tidak menghalangi, disitu saya belajar membangun manajemen yang tertata, menjaga konsistensi, dan memahami arti kepercayaan pelanggan,”

“Kuncinya? Terus belajar, inovasi, dan ketangguhan. Adaptasi teknologi seperti memahami cara kerja platform digital, belajar lewat mentor, hingga feedback konsumen. Bagi saya, nilai diri ditentukan oleh usaha, bukan penilaian orang lain,” kata Riyanto Pratama dalam Webinar Shopee Hari Keluarga bertajuk “Menjaga yang Dicinta: Menemani Setiap Cerita”, Rabu 14 Mei 2025.

Seluruh proses produksi Permanence Your Clothes dilakukan secara lokal di Cikarang, Bekasi Provinsi Jawa Barat (Jabar). Mulai dari gudang , bengkel , dan pengepakan yang melibatkan karyawan berasal dari lingkungan Permanence Your Clothes berproduksi.

Saat ini Permanence Your Clothes, tak hanya memproduksi pewarna pakaian tetapi juga merambah sabun cuci sepatu ramah lingkungan, spray penyegar sepatu hingga denim, spray anti bau dan paket perawatan lengkap lainnya.

Penjualan di Shopee

Untuk pemasaran awalnya, Riyanto Pratama fokus pada jasa pewarna pakaian. Namun semenjak Covid-19, Riyanto Pratama mengubah bentuk pemasarannya secara online dan menjual produknya tersebut melalui e-commerce. Salah satunya, lewat Shopee sejak 2021.

Melalui Shopee, PYC mampu menjangkau lebih banyak pelanggan, memberdayakan komunitas lokal, serta mencatat pertumbuhan bisnis hingga 300 persen dalam dua tahun terakhir dan 5x peningkatan penjualan pada kampanye 12.12 Birthday Sale 2024 .

Fitur interaktif seperti Afiliasi Shopee dan Video Shopee menjadi kunci dalam memperluas jangkauan pasar tanpa harus mengeluarkan biaya promosi yang besar. Para afiliator kini berperan aktif dalam memasarkan produk PYC langsung kepada konsumen melalui konten edukatif dan cerita sebelum-sesudah yang autentik. Strategi ini terbukti efektif, mendorong peningkatan pesanan kami yang datang dari Afiliasi Shopee hingga 3x lipat dibandingkan sebelumnya. (Yatni Setianingsih/Golali.id)