/Profil Prof Basrul Hanafi Bujung

Profil Prof Basrul Hanafi Bujung

Prof. Dr. Basrul Hanafi Bujung, dr, Sp B-KBD, adalah Guru Besar Fakultas Kedokteran Unpad. Basrul Hanafi Bujung lahir pada 11 Juli 1942 dan wafat pada Jumat 9 Desember 2022.

Prof. Basrul Hanafi merupakan Guru Besar bidang Ilmu Bedah pada Departemen Ilmu Bedah FK Unpad.

Melansir website Unpad, Basrul Hanafi Bujung menyelesaikan Pendidikan Dokter Umum di FK Unpad pada 1969

Dilanjutkan pada Pendidikan Spesialis Bedah FK Unpad pada 1979, Konsultan Bedah Digestif IKABDI-FKUI pada 1982, dan pendidikan Doktor di Program Doktor Pascasarjana Unpad pada 2004.

Pada tahun 1967, Basrul Hanafi Bujung mulai mengajar di almamaternya, yaitu FK Unpad. Basrul Hanafi Bujung juga pernah mengikuti berbagai pelatihan keahlian, yaitu: Basic Sciences for Surgery di University of Singapore selama enam bulan pada 1979 serta Advanced Surgery di University of Hongkong selama enam bulan pada 1982.

Basrul Hanafi dikukuhkan sebagai Guru Besar pada Sidang Terbuka Komisi Guru Besar Senat Unpad yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, pada 18 Juli 2008. Pada sidang terbuka tersebut, Prof. Basrul Hanafi membacakan Orasi Ilmiah berjudul “Perkembangan Ilmu Bedah Digestif di Indonesia: Tantangan dan Harapan dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Bedah Bagi Masyarakat”.

Dalam orasi ilmiah tersebut disebutkan, Indonesia hingga 2008 masih kekurangan dokter spesialis bedah, khususnya bedah digestif atau saluran cerna. Padahal, penyakit yang berkaitan dengan pencernaan termasuk jenis penyakit yang sering menyerang masyarakat Indonesia. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Humas Unpad