/Profil Nadia Mulyadi, Violinis Gita Bahana Nusantara

Profil Nadia Mulyadi, Violinis Gita Bahana Nusantara

Nadia Mulyadi, merupakan salah satu pemain biola (violinis) pada grup paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara 2022, yang tampil dalam Sidang Tahunan MPR RI di Gedung MPR RI, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022 dan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022.

Nadia Mulyadi mengisahkan awal mulanya dirinya, menjadi violinis. Nadia mulai belajar biola sejak beumur 3,5 tahun. Kedua orang tuanya yang mendorongnya untuk bermain musik. Lama kelamaan, ia menyukai bermain biola.

Menurut Nadia Mulyadi, bermain biola menjadi salah satu obat untuk mengobati kebosanannya.

“Selain itu, dari biola, aku juga banyak ketemu teman yang sampai sekarang masih dekat,” ucap Nadia Mulyadi dikutip dari website Unpad, Kamis 18 Agustus 2022.

Nadia Mulyadi menyukai, komposisi dari Mozart. Dalam belajar biola, Nadia mengaku tidak merasa kesulitan.

“Dulu pas kecil dikasih pakai biola stirofoam buat terbiasa dan latihan jari. Abis itu pindah ke biola aslinya. Mungkin karena pendekatannya per step ini jadinya tidak susah (belajar biola),” jelas Nadia.

Mahasiswi Teknik Informatika Unpad 2022/2023 ini, menceritakan tentang keterpilihannya menjadi bagian Gita Bahana Nusantara. Nadia bergabung mewakili Provinsi Banten sebagai pemain biola di Gita Bahana Nusantara sejak 2021.

Tahun lalu, ia tampil secara virtual, sedangkan tahun ini Gita Bahana Nusantara berkesempatan tampil secara luring di Istana Merdeka.

“Tahun lalu saya dapat info audisi Gita Bahana Nusantara. Abis itu iseng ikut,” cerita Nadia.

Saat itu, Nadia mengirimkan video penampilannya memainkan biola ke surel Gita Bahana Nusantara. Nadia pun terpilih untuk mengikuti audisi secara langsung dan berhasil lolos, sebagai salah satu pemain di string section. Kendati hanya coba-coba ikut audisi, di balik itu Nadia ingin memperoleh pengalaman besar selama bergelut di dunia.

“Awalnya aku berpikir kalau misalnya aku tidak mau lanjut di musik, setidaknya pengalaman terakhir harus berkesan, sehingga ingin mencari pengalaman yang tidak bisa dilupakan dari bermusik,” paparnya.

Pada tahun ini, ia pun berkesempatan kembali tampil secara luring. Berbagai persiapan matang telah dilakukan. Mulai dari mengikuti latihan secara daring pada 25 Juli – 2 Agustus, hingga latihan luring di Wisma Kinasih, Depok, pada 6 – 15 Agustus lalu.

Selama latihan luring, ia bersama personel lainnya menjalani karantina di wisma tersebut. Nadia mengaku senang bisa tampil membawakan sejumlah lagu secara luring di Istana Merdeka. Tidak hanya itu, seluruh personel Gita Bahana Nusantara juga mendapat apresiasi langsung dari Presiden Joko Widodo. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : unpad.ac.id